Lokapala Dipertandingkan di PON XX, Momentum buat Developer Lokal

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 02 September 2021
Lokapala Dipertandingkan di PON XX, Momentum buat Developer Lokal

BolaSkor.com - Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang dihelat di Papua, Esports menjadi cabang ekshibisi. Salah satu gim yang dipertandingkan adalah Lokapala yang merupakan besutan anak bangsa Indonesia yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan PT Melon Indonesia sebagai publisher.

Pada 24 Agustus 2021, PB ESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) mengumumkan bahwa gim ini akan dipertandingkan. Kabar bahagia ini menjadi titik mula bagi dunia esports yang resmi dijadikan sebagai cabang olahraga di PON (Pekan Olahraga Nasional).

Gim Lokapala mencetak sejarah sebagai gim esports lokal pertama yang ikut serta dalam acara turnamen Esports Nasional. Hadirnya gim Lokapala pada PON Papua diharapkan dapat menjadi langkah awal Indonesia berdaulat di dalam industri gim esports.

Baca Juga:

PBESI Hadirkan Game Lokal di PON Papua 2020

Berkat Paralimpiade, Kepercayaan Diri Atlet asal Uganda Bertambah

Selain itu, dipertandingkannya gim Lokapala di PON XX Papua juga menjadi bentuk nyata yang bisa menginspirasi developer gim lokal untuk terus berkarya.

Hal ini selaras dengan pendapat dari Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid. “Telkom sangat mendukung ekosistem gim di tanah air sejalan dengan terus berkembangnya industri eSports di Indonesia, tentunya diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja, oleh karena itu kita juga mendorong para kreator gim lokal bisa menghasilkan gim yang bisa mendunia.”

“Suatu kehormatan dan sekaligus bangga, gim Lokapala dilibatkan dan dijadikan salah satu gim dalam ekshibisi di PON XX Papua 2021. Sebagai bentuk akselerasi digital, kami dari PT Melon Indonesia yang adalah bagian dari Telkom group, di mana Telkom Indonesia saat ini turut mendukung industri gim dalam negeri yang mana dalam hal ini PT Melon Indonesia menjadi penyedia atau publisher gim LOKAPALA yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios,” tambah Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia.

Pada PON XX Papua, cabang esports Lokapala akan menggunakan sistem friendly match. Para pemain Lokapala bisa mendaftarkan diri dan tim sebagai atlet.

Sistem friendly match ini juga menjadi ajang promosi Lokapala sebagai gim lokal terbaru untuk mempermudah peserta dari berbagai daerah, karena saat mendaftar tidak terdapat peraturan tim harus berada dalam provinsi yang sama.

Pertandingan kualifikasi esport Lokapala di PON XX Papua 2021 ini akan berlangsung pada 6-7 September 2021 secara daring. Untuk semifinal dan final akan berlangsung pada tanggal 22-26 September 2021 di Papua.

Pertandingan ini untuk memperebutkan prizepool dengan total hadiah sebesar Rp200 juta.

Untuk registrasi telah resmi dibuka dan pemain bisa mendaftar secara langsung di www.garudaku.com.

Esports PON 2020
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan