BolaSkor.com - Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, mencetak sejarah dengan menjadi pelari tanah air pertama yang berhasil menembus Olimpiade. Prestasi ini membuat pria asal Lombok itu tak kuasa menahan air mata.

Kepastian Zohri lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 didapat setelah finis ketiga pada Seiko Golden Grand Prix Osaka 2019, Minggu (19/5). Zohri mencatatkan waktu 10,03 detik.

Raihan itu sudah cukup membawa Zohri otomatis lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Syarat melaju ke ajang empat tahunan tersebut adalah mencatatkan waktu minimal 10,05 detik.

Baca Juga:

Final Wilayah Timur NBA Playoff 2019: Giannis Bawa Bucks Unggul 2-0

Jusuf Kalla Pastikan Indonesia Siap Gelar Piala Dunia Basket 2023

Setelah berhasil mengamankan satu tempat di Olimpiade Tokyo 2020, Zohri langsung menghubungi pelatihnya, Eni Nureani, yang berada di Indonesia. Sambil bercucuran air mata, Zohri mengucapkan syukur lewat sambungan video call kepada Eni.

"Setelah lomba, Lalu Muhammad Zohri langsung mengubungi saya via video call. Dia bilang Alhamdulillah sambil menangis," ujar Eni.

"Sambil menangis dia bilang ke saya, "Alhamdulillah ibu, saya bisa berlari sebaik itu,", selebihnya dia tak bisa berbicara banyak, dia lebih banyak nangisnya," sambungnya.

Catatan 10,03 detik sekaligus memperbaiki rekor Zohri sebelumnya yakni 10,13 detik. Hasil ini membuat Zohri kini didapuk sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara menggantikan seniornya, Suryo Agung, yang sebelumnya mencatatkan waktu terbaik 10,17 detik.*