Lomba MotoGP Inggris: Lagi, Marc Marquez Kalah Jelang Finis, Kini dari Alex Rins

Hendry WibowoHendry Wibowo - Minggu, 25 Agustus 2019
Lomba MotoGP Inggris: Lagi, Marc Marquez Kalah Jelang Finis, Kini dari Alex Rins
Alex Rins (Twitter/Suzuki)

BolaSkor.com - Lomba putaran ke-12 di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (25/08), berjalan penuh drama. Alex Rins yang start dari posisi kelima, secara fantastis mengalahkan Marc Marquez di sektor lurus jelang finis.

Praktis pada dua lomba terakhir, Marquez selalu kalah ketika berduel menuju garis finis. Berkat kemenangan yang diraih Rins, tren pembalap berbeda menang di Silverstone sejak 2013 masih terjaga.

Meski kalah, Marquez masih bisa tenang. Karena saat yang sama, pesaing terdekat pembalap Repsol Honda itu, Andrea Dovizioso gagal finis. Alhasil kini, selepas MotoGP Inggris, Marquez sudah unggul 78 poin dari Dovizioso di klasemen pembalap.

Baca Juga:

Lomba MotoGP Inggris: Andrea Dovizioso-Fabio Quartararo Kecelakaan, Motor Keluarkan Api

Kualifikasi MotoGP Inggris: Buntuti Valentino Rossi, Marc Marquez Raih Pole Position

Lomba sendiri dimulai dengan insiden yang dialami Fabio Quartararo dan Dovizioso. Singkat cerita, Quartararo yang memulai lomba dari posisi empat, kehilangan kendali motor Yamaha YZR-M1 menuju Tikungan 1.

Pembalap asal Prancis ini tersungkur dan Dovizioso yang berada di belakang tidak punya kesempatan untuk menghindar. Alhasil runner-upp MotoGP 2017 dan 2018 itu harus terjatuh.

Ketika keluar lintasan, motor Ducati Desmosedici geberan Doovi-sapaan akrabnya sampai mengeluarkan api. Kabar baiknya, baik Dovi maupun Quartararo masih bisa berjalan selepas insiden ini.

Usai insiden Quartararo-Dovizioso, persaingan merebut kemenangan jadi panggung Marquez dan Rins. Pembalap Repsol Honda itu sempat diasapi Rins pada sektor Brooklands di lap 9. Namun pada sektor Stowe di lap sama, Marquez sukses mengambil alih lagi pimpinan lomba.

Beberapa lap terakhir, sejatinya Rins semakin mendekati Marquez. Namun ia melakukan kesalahan ketika melibas tikungan dan nyaris high side. Hebatnya berbekal kecepatan mumpuni Suzuki GSX-RR, Rins kembali mendekati Marc Marquez.

Puncaknya di tikungan terakhir jelang finis, rekan setim Joan Mir itu mengambil sisi luar dan kemudian menyalip Marquez pada sektor lurus jelang finis. Rins pun menang dengan keunggulan hanya 0,013 detik dari kakak Alex Marquez itu.

Sementara itu, Valentino Rossi yang start dari posisi kedua, justru tampil buruk saat lomba. Tampak race pace pembalap asal Italia ini sangat buruk, sehingga terlempar dari podium.

Rossi hanya finis keempat, dan podium ketiga diisi rekan setimnya dari Yamaha, Maverick Vinales. Vinales sendiri sempat mendekati Rins dan Marquez di akhir lomba. Dia bahkan hanya tertinggal 0,6 detik dari pemenang lomba.*

10 Besar Lomba MotoGP Inggris
1. Alex Rins (Suzuki)
2. Marc Marquez (Honda)
3. Maverick Vinales (Yamaha)
4. Valentino Rossi (Yamaha)
5. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
6. Cal Crutchlow (LCR Honda)
7. Danilo Petrucci (Ducati)
8. Jack Miller (Pramac)
9. Pol Espargaro (KTM)
10. Andrea Iannone (Aprilia)

Breaking News MotoGP 2019 MotoGP Inggris Sirkuit Silverstone Marc marquez
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan