BolaSkor.com - Marc Marquez dan Honda mengakhiri MotoGP 2019 dengan sempurna. Pasalnya pada lomba putaran terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (17/11), Marquez bisa finis pertama.

Kemenangan ke-12 kakak dari Alex Marquez itu di musim ini mengantarkan Honda meraih Triple Crown yaitu sapu bersih titel juara dunia pembalap, konstruktor, dan tim.

Baca Juga:

Lomba Moto2 Valencia: Dimas Ekky Mengakhiri Musim dengan Nol Poin

Warm-Up MotoGP Valencia: Marquez-Vinales Kompetitif, Rossi Terpuruk

Untuk diketahui, menuju lomba MotoGP Valencia, persaingan jadi juara dunia tim masih terbuka dengan Ducati. Namun di Ricardo Tormo, andalan Ducati, Andrea Dovizisio hanya finis keempat dan rekan setimnya, Danilo Petrucci gagal finis.

Sementara 25 poin sumbangan Marquez dan dua poin dari Jorge Lorenzo hasil finis 14, membuat Repsol Honda jadi juara dunia tim MotoGP 2019.

Start lomba MotoGP Valencia sendiri berjalan panas. Jack Miller sempat menempati posisi pertama selepas Tikungan 1. Namun tidak berselang lama, pembalap yang start sebagai pole position, Fabio Quartararo bisa mengambil alih status pimpinan lomba.

Meskipun begitu, pembalap asal Prancis itu tidak bisa membuat jarak jauh dari Marquez yang terus menguntit di urutan kedua. Kini, pembalap Repsol Honda itu seakan tidak ingin bermain-main dengan Quartararo.

Alhasil di lap 8, Marquez mengasapi Quartararo ketika melahap Tikungan 11. Usai momen ini, juara dunia pembalap MotoGP 2019 itu bisa langsung membuat jarak lebar dan bertahan sampai garis finis.

Kemudian podium kedua dan ketiga diisi Quartararo plus Miller. Sementara pembalap senior, Valentino Rossi harus puas mengakhiri lomba terakhir di urutan delapan.

Kini MotoGP 2019 telah berakhir. Namun semua tim dan pembalap bakal memulai persiapan musim depan pada tes di Valencia yang dimulai Selasa nanti.*

10 Besar Lomba MotoGP Valencia
1. Marc Marquez (Honda) 41 menit 21,469 detik
2. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) +1,026 detik
3. Jack Miller (Pramac Ducati) +2,409 detik
4. Andrea Dovizioso (Ducati) +3,326 detik
5. Alex Rins (Suzuki) +3,508 detik
6. Maverick Vinales (Yamaha) +8,829 detik
7. Joan Mir (Suzuki) +10,622 detik
8. Valentino Rossi (Yamaha) +22,992 detik
9. Aleix Espargaro (Aprilia) +32,704 detik
10. Pol Espargaro (KTM) +32,973 detik