Luis Milla: Indonesia Harus Punya Infrastruktur yang Baik jika Ingin Sepak Bolanya Berkembang

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 03 Mei 2020
Luis Milla: Indonesia Harus Punya Infrastruktur yang Baik jika Ingin Sepak Bolanya Berkembang
Luis Milla dan Eduardo Perez. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

BolaSkor.com – Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla terus memperhatikan Indonesia meski sudah tidak menjadi pelatih. Salah satu yang paling ia sorot saat ini ialah kurangnya infrastruktur latihan yang ada di Indonesia.

Mantan pemain Real Madrid itu mengatakan sebaiknya Indonesia segera membangun segala infrastruktur latihan. Menurutnya, itu salah satu langkah awal untuk bisa memajukan sepak bola di Indonesia.

Seperti diketahui, Luis Milla memimpin Timnas Indonesia kurang lebih 1,5 tahun. Ia memang belum bisa memberikan gelar untuk Timnas Indonesia Senior dan U-23. Namun selama menangani Skuat Garuda, ia dinilai mampu memberikan warna permainan Timnas Indonesia.

Di tangan Luis Milla, Timnas Indonesia mampu bermain dengan bola umpan satu-dua dari kaki ke kaki. Tidak lagi mengandalkan umpan direct football.

Baca Juga:

Luis Milla Beberkan 3 Masalah Sepak Bola Indonesia Tidak Bisa Berkembang

Alasan Luis Milla Belum Kembali Melatih Selepas Dicoret dari Timnas Indonesia

Sayang, Luis Milla hanya membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu SEA Games 2017 Malaysia. Lalu membawa Skuat Garuda Muda melaju ke babak 16 besar Asian Games 2018.

"Pengalaman 2 tahun di Indonesia, saya menemukan bahwa di Indonesia banyak sekali orang yang mencintai sepak bola. Orang seperti Anda (Ganesha Putra) dan Danurwindo adalah orang yang ingin sepak bola Indonesia berkembang maju,” kata Luis Milla dilansir dari akun Youtube KickOff!Indonesia.

"Saat itu, kita bersama mulai membangun pendidikan kepelatihan yang lebih baik. Juga akademi yang harus dimiliki oleh klub profesional. Hal baik berikutnya yang harus dibangun adalah infrastruktur latihan," tambahnya.

Luis Milla mencontohkan kesuksesan Spanyol, keberhasilan tersebut tidak instan didapat. Mereka bisa meraih itu karena melakukan investasi besar dalam hal infrastruktur untuk latihan.

"Kita tahu bahwa Spanyol mulai melesat prestasi sepak bolanya saat adanya investasi besar dalam hal infrastruktur latihan, terutama untuk pemain muda. Indonesia punya banyak potensi untuk berkembang. Tetapi potensi itu harus segera digarap dengan kerja keras yang sistematis. Indonesia harus segera berlari,” pungkasnya.

Luis Milla Timnas Indonesia
Posts

4.871

Bagikan