Luizinho Passos Lebih Soroti Mental Kiper Persib ketimbang Program Latihan

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 27 Juli 2021
Luizinho Passos Lebih Soroti Mental Kiper Persib ketimbang Program Latihan
Luizinho Passos dan Teja Paku Alam. (Media Persib)

BolaSkor.com - Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos memastikan para pemainnya tetap mendapatkan materi latihan meski tengah diliburkan. Tujuannya hanya agar kondisinya terjaga dengan baik.

Menurutnya, materi itu harus diberikan sekalipun hanya dilakukan secara mandiri. Sebab, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah Republik Indonesia berlangsung cukup lama.

Terhitung, PPKM itu terjadi sejak 3 Juli lalu. Sempat direncanakan akan berakhir pada 20 Juli, namun kembali diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang.

Baca Juga:

Arema FC Segera Miliki Bus dengan Kepemilikan Secara Penuh

Liga 1 Belum Jelas, Bek Asing Persebaya Coba Berpikir Positif

"Para kiper sekarang berada di rumahnya dan sudah saya berikan program latihan tentang koordinasi, agility dan sedikit kekuatan," ungkap Luizinho Passos, Selasa (27/7).

Meski demikian, pelatih berkepala plontos ini memastikan bahwa mental lebih penting dibandingkan materi latihan yang diberikan. Pasalnya, sudah hampir 1,5 tahun, para kipernya tidak menjalani kompetisi.

"Menurut saya yang terpenting adalah hal yang bagus untuk mentalitas karena setiap kali kami berlatih di rumah setelah itu Liga ditunda," katanya.

Pelatih asal Brasil ini mengaku sangat menyukai para kipernya yang tetap memilih berlatih sekalipun dilakukan secara mandiri. Bahkan, dia membebaskan para kipernya untuk menjalankan latihan di luar program yang diberikan.

"Ini untuk membuat penampilan para kiper tetap baik, dan semua itu dilakukan di rumah, tidak perlu keluar. Yang terpenting adalah memberikan yang terbaik meskipun berlatih di rumah," tuturnya.

Namun, lanjutnya, tak jarang komunikasi melalui via telepon dilakukan. Tidak hanya soal materi latihan yang dibahas, namun juga lebih kepada kehidupan masing-masing kipernya.

"Setiap waktu saya selalu menelepon para kiper karena kita tidak bermain sangat lama. Di saat seperti ini, hal yang normal jika pemain kehilangan motivasinya dalam berlatih."

"Ketika saya menelpon pemain, pembicaraan kami tidak hanya soal latihan tapi juga soal kehidupan. Saya harap pemain juga berusaha sebaik mungkin dalam kehidupannya karena mereka memiliki keluarga. Mereka bisa datang kepada saya untuk membicarakan hal-hal seperti ini," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Luizinho Passos Persib Bandung Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan