BolaSkor.com - Perjalanan timnas Qatar di Piala Asia 2019 bak mimpi jadi kenyataan bagi tim berjuluk Al-Annabi. Klimaksnya, Qatar mengalahkan juara empat kali turnamen, Jepang, di final dengan skor telak 3-1, Jumat (1/2) malam WIB.

Apa yang ditampilkan Qatar sejauh ini di luar prediksi khalayak umum. Mungkin, hanya Xavi Hernandez yang memprediksi Qatar ke final dan menjuarai Piala Asia 2019 - Xavi bermain di Qatar bersama Al-Sadd.

"Saya akan menghubungi Xavi hingga dia bisa memprediksi seluruh pertandingan kami berikutnya," ucap Felix Sanchez seraya bercanda menanggapi prediksi tepat kompatriotnya itu.

Qatar punya pertahanan yang kuat (hanya kebobolan satu gol), keseimbangan bermain, kolektivitas, dan Almoez Ali yang menjadi top skor dengan torehan sembilan gol. Pelatih Qatar, Felix Sanchez Bas, juga tidak punya CV karier kepelatihan yang menonjol.

Baca Juga:

5 Kiper Paling Sibuk di Piala Asia 2019

Almoez Ali, Imigran yang Siap Bawa Qatar Juara Piala Asia 2019

Qatar 3-1 Jepang: Almoez Ali Pecahkan Rekor, Al Annabi Kampiun Piala Asia 2019

Felix Sanchez

10 tahun melatih tim muda Barcelona, Felix dilibatkan dalam proyek Qatar di Akademi Aspire yang memang diperuntukkan untuk mencari dan mengembangkan atlet-atlet Qatar, serta mendukung mereka melalui edukasi sekolah tambahan.

Sanchez, yang sudah berada di Qatar selama enam tahun, melatih timnas Qatar U-19 hingga senior, sangat paham kultur sepak bola di sana dan memetik hasil perkembangan itu dengan membawa Qatar juara untuk kali pertama di Piala Asia 2019.

Kesuksesan itu bisa menjadi awalan positif Hassan Al-Haydos dkk yang akan bermain di Copa America 2019 sebagai tamu undangan, plus menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Sanchez, rumornya akan digantikan oleh Arsene Wenger, tidak terlalu memikirkan nasib masa depannya sebagai pelatih Qatar.

"Saya sangat bangga menjadi pelatih timnas Qatar. Hari ini kami menciptakan sejarah. Saya hanya memikirkan hari ini. Ini hari yang hebat untuk saya, pemain, dan negara," tutur Sanchez di Fox Sport Asia.

"Selalu ada kabar mengenai orang ini dan orang itu, tapi kami fokus kepada pekerjaan kami dan kami mendapatkan dukungan penuh dari Federasi Sepak Bola Qatar (QFA). Jadi tidak ada kekhawatiran mengenai Piala Dunia, masih akan berlangsung pada 2022 dan Anda tidak akan tahu apa yang terjadi dalam waktu dua pekan."

Qatar berada di grup B Copa America 2019 yang akan berlangsung 14 Juni hingga 7 Juli mendatang. Qatar berada di grup maut yang berisikan Kolombia, Paraguay, dan tim favorit pemenang, Argentina. Setidaknya, Qatar akan melawan pemain seperti Lionel Messi, James Rodriguez, Miguel Almiron.