Madura United Kekurangan Playmaker, Alfin Tuasalamony Jadi Opsi

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 19 September 2020
Madura United Kekurangan Playmaker, Alfin Tuasalamony Jadi Opsi
Alfin Tuasalamony. (Twitter Madura United)

BolaSkor.com - Minimnya opsi playmaker memaksa Manajer Madura United, Rahmad Darmawan melakukan langkah berani. Alfin Tuasalamony yang notabene seorang bek sayap dimainkan sebagai pemain nomor 10 dalam laga uji coba.

Meski begitu, percobaan yang dilakukan arsitek asal Lampung itu bukan tanpa sebab. Pasalnya, pria yang akrab disapa RD tersebut tahu betul kapasitas anak asuhnya tersebut.

RD dan Alfin memang telah bekerja sama sejak keduanya mengenakan Panji Garuda dalam ajang SEA Games 2013. Kala itu, RD melakukan eksperimen yang sama dan Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan.

Baca Juga:

Cara Persija Jakarta Hadapi Jadwal Padat Lanjutan Liga 1 2020

Stok Menipis, Budi Sudarsono Berharap Persik Kediri Tambah Komposisi Pemain

"Alfin dengan saya di timnas SEA Games pernah di posisi itu. Jadi saya tidak kaget. Bahkan ketika kami menang sama tuan rumah Myanmar, dia buat situasi posisi dan menang karena dia," ungkap RD.

Saat ini, pemain yang bisa dimainkan sebagai gelandang serang hanyalah Slamet Nurcahyono. Sementara gelandang yang lain seperti Asep Berlian, Zulfiandi hingga Jacob Pepper bertipe lebih defensif dan berperan sebagai gelandang box to box.

"Pemain nomor 10 itu tinggal satu orang saja (Slamet), tentu saya butuh orang lain jadi harus kami siapkan. Jangan kaget-kaget (Alfin diturunkan sebagai playmaker) ketika Slamet absen atau mau mengubah skema main," jelasnya. Meski begitu, mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut menilai perlu banyak latihan untuk mengembalikan kemampuan Alfin Tuasalamony di posisi tersebut. Selepas dari timnas, dirinya selalu ditempatkan sebagai bek sayap di setiap klub yang dibela.

"Tinggal perlu terus dilatih, karena dia sudah lama tidak main di posisi itu. Dia terus dimainkan di belakang. Tapi secara keseluruhan, tidak ada masalah," pungkasnya. (Laporan Kontributor Bima Pamungkas/Madura)

Alfin Tualasamony Madura united Rahmad darmawan
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan