Mainkan Debut dengan Timnas Spanyol, Ansu Fati Ukir Rekor Berusia 84 Tahun

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 04 September 2020
Mainkan Debut dengan Timnas Spanyol, Ansu Fati Ukir Rekor Berusia 84 Tahun
Ansu Fati (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Spanyol menahan imbang Jerman di Mercedez-Benz Arena pada laga pertama grup UEFA Nations League, Jumat (04/09) dini hari WIB dengan skor akhir 1-1. Gol dari Timo Werner dibalas oleh Jose Luis Gaya di waktu tambahan babak kedua.

Kedua tim berada di urutan dua-tiga klasemen yang juga berisikan Ukraina dan Swiss. Ukraina arahan Andriy Shevchenko untuk sementara ada di urutan satu klasemen setelah menang 2-1 atas Swiss dari gol Andriy Yarmolenko dan Oleksandar Zinchenko.

Luis Enrique selaku pelatih timnas Spanyol memanggil beberapa nama debutan dalam skuad seperti Eric Garcia, Sergio Reguilon, hingga Ansu Fati. Nama yang disebut terakhir merupakan pemain termuda dalam skuad La Furia Roja.

Enrique mematinkan Fati di babak kedua untuk mempertajam serangan Spanyol yang tertinggal 0-1. Alhasil di momen Fati menginjak rumput pertandingan di kala itu juga pemain Barcelona memecahkan rekor.

Baca Juga:

Tinggalkan Kakak Lionel Messi, Ansu Fati Gabung Agennya Cristiano Ronaldo

Selain Lionel Messi, Presiden Barcelona Ingin Ansu Fati Bertahan Seumur Hidup

Ansu Fati dan Potensi Pemecahan Rekor Gol Spanyol U-17

Ansu Fati

Menurut catatan Goal Ansu Fati jadi pemain termuda kedua dalam sejarah sepanjang masa sepak bola Spanyol yang memainkan debut dengan timnas. Fati berusia 17 tahun 308 hari ketika bermain di debutnya melawan Jerman.

Sementara untuk posisi pertama masih ditempati oleh Angel Zubieta. Pemain yang menghabiskan sepanjang kariernya di Argentina untuk San Lorenzo setelah menjauh dari kampung halamannya, Bilbao selama Perang Saudara Spanyol, memainkan debutnya pada usia 17 tahun 284 hari kala melawan Czechoslovakia pada April 1936.

Di tempat ketiga ada mantan penyerang Barcelona yang juga produk akademi La Masia, Bojan Krkic yang memainkan debutnya pada 2008 di usia 18 tahun 13 hari.

Rekor yang dipecahkan Fati menambah catatan rekor yang sudah dipecahkannya sejak promosi dari La Masia ke tim utama Barca musim lalu. Pada Agustus 2019 Fati memainkan debutnya bersama Barca pada usia 16 tahun 298 hari ketika melawan Real Betis.

Fati mencetak delapan gol dan tampil di 33 laga bersama Barca di seluruh kompetisi musim lalu. Performa dan talentanya mampu membuat Enrique kepincut hingga memanggilnya ke timnas Spanyol. Enrique memuji performanya selepas laga kontra Jerman.

"Ansu telah menunjukkan apa yang kita semua sudah tahu tentang dia. Dia spesial dan berbeda," ucap Luis Enrique dikutip dari Goal.

"Saya senang, meski pun kami belum mencetak gol (sampai akhir). Mereka mendapatkan ide dengan sangat cepat. Kami bisa membalikkannya."

"Tentu saja, ada banyak hal yang perlu ditingkatkan. Pada level taktis, saya sangat senang. Kami telah menjalani pertandingan ini sejak awal, tidak peduli lawan atau lapangannya. Kami memiliki lebih banyak peluang. Saya pikir hasil ini adil," urai mantan pelatih Barcelona tersebut.

Breaking News Spanyol Timnas Spanyol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan