Makna di Balik Selebrasi Gol Xhaka dan Shaqiri

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 23 Juni 2018
Makna di Balik Selebrasi Gol Xhaka dan Shaqiri
Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri (Zimbio)

BolaSkor.com - Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri menjadi pahlawan saat Swiss membungkam Serbia 2-1 pada laga Grup E, Sabtu (23/6) malam WIB. Yang menarik, kedua pemain melakukan selebrasi serupa usai mencetak gol.

Ya, usai mencetak gol, Xhaka dan Shaqiri tangan keduanya membuat gerakan burung. Yang dilakukan Xhaka dan Shaqiri merupakan simbol dua elang yang ada di bendera Albania.

Seperti diketahui, Xhaka dan Shaqiri berasal dari Albania yang hijrah ke Swiss pada masa Perang Balkan. Keluarga keduanya mengungsi ke Swiss setelah tak sedikit anggota keluarga mereka yang tewas berperang melawan Serbia.

Shaqiri memiliki darah Albania dan lahir di Kosovo, bekas provinsi Serbia yang menyatakan kemerdekaan pada 2008. Sedangkan kedua orangtua Xhaka berasal dari Kosovo dan berdarah Albania. Bahkan ayah Xhaka sempat dipenjara karena mendukung kemerdekaan Kosovo.

Hingga saat ini Serbia tidak mengakui kemerdekaan Kosovo. Dan hubungan kedua negara itu masih tegang hingga sekarang.

Selebrasi kedua pemain Swiss tersebut kontan membuat tensi antara kaum nasionalis Serbia dan etnis Albania memanas. Usai laga, Shaqiri menjelaskan bahwa selebrasi itu hanyalah letupan emosinya.

"Saya pikir dalam sepak bola Anda selalu terbawa emosi. Anda melihat apa yang saya lakukan. Saya pikir itu hanyalah emosi. Saya sangat senang mencetak gol ini. Tak lebih," ujar Shaqiri dikutip The Guardian.

Bendera Swiss dan Kosovo di tumit sepatu Xherdan Shaqiri (Zimbio)

Mengenai hal ini, pelatih Swiss, Vladimir Petkovic menegaskan dirinya tak mau membahasnya. "Anda tak boleh mencampurkan politik dan sepak bola. Itu jelas ungkapan emosi dan sudah seharusnya seperti itu. Saya kira kita semua harus menjauhkan politik dari sepak bola. Ini permainan yang indah, yang bisa menyatukan semua orang."

Aroma politik memang kental sejak laga menjelang. Bahkan sempat terlihat Shaqiri yang memakai sepatu dengan bendera Kosovo, beradu mulut dengan pemain Serbia.

"Jika dia sangat mencintai Kosovo dan memutuskan untuk memamerkan bendera, mengapa dia menolak kesempatan untuk bermain untuk tim mereka?" tanya Aleksandar Mitrovic, penyerang Serbia.

Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Piala Dunia 2018 Xherdan Shaqiri Granit Xhaka
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan