Makna Mendalam di Balik Logo Piala AFF 2018

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 14 November 2018
Makna Mendalam di Balik Logo Piala AFF 2018
Logo Piala AFF. (AFF)

BolaSkor.com - Piala AFF 2018 telah berlangsung sejak pekan lalu. Pesta sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut telah melangsungkan rata-rata dua pertandingan, termasuk Timnas Indonesia.

Dalam setiap pagelaran Piala AFF, panitia penyelenggara selalu meluncurkan logo resmi. Dari tahun ke tahun, hampir tidak ada perbedaan dari logo Piala AFF.

Akan tetapi, perubahan terjadi pada Piala AFF 2018. Tampak modern terlihat pada lambang resmi yang digunakan oleh AFF untuk kompetisi dua tahunan tersebut.

Pada edisi-edisi sebelumnya, logo Piala AFF selalu sama. Sebuah bola dengan coretan kuning, hijau, dan merah, disertai tahun diselenggarakannya Piala AFF tersebut.

Pada edisi kali ini, terlihat gambar etnik yang membentuk seperti perisai. Di atasnya, terdapat tahun penyelenggaran Piala AFF kali ini, yaitu 2018.

Apabila dilihat sekilas, tentunya gambar etnik itu tidak memiliki makna apa pun. Rupanya, penyelenggara Piala AFF menyampaikan pesan tersirat melalui logo tersebut.

Pada bagian atas logo, apabila diperhatikan, membentuk tiang gawang. Lalu, di tengah-tengahnya terdapat obyek yang bisa diartikan sebagai bola di antara kedua tangan kiper.

Beralih ke bagian bawah, sosok gambar menyerupai dua sosok pendukung pertandingan sepak bola. Keduanya terlihat sedang menari menikmati laga.

Terakhir, terdapat simbol menyerupai hati di bagian bawah logo. Tentunya pemain yang tampil di Piala AFF 2018 untuk negaranya bermain dengan menggunakan hati.

Ketiga elemen tersebut mewakili suasana pertandingan. Gawang, bola, dan kiper mewakili permainan, sementara penonton mewakili fans, sedangkan hati mewakili para pemain.

Apabila dilihat sekilas, tentunya tidak banyak yang menyadari arti dari logo tersebut. Rupanya, penyelenggara Piala AFF 2018 berniat memberikan pesan mendalam untuk para penonton.

Piala aff Piala AFF 2018 Breaking News Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan