Malaysia Open 2023: Fajar/Rian Akhirnya Pecah Telur

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 16 Januari 2023
Malaysia Open 2023: Fajar/Rian Akhirnya Pecah Telur

BolaSkor.com - Hasil memuaskan mampu diraih Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto di Turnamen Malaysia Open 2023. Pasangan ganda putra tersebut berhasil membuat kejutan dengan merebut medali emas.

Hasil ini didapat usai Fajar/Rian menumbangkan wakil Cina, Liang Wei Keng/Wang Chan di partai final. Mereka mampu ditaklukkan lewat rubber set dengan skor 21-18, 18-21, dan 21-13.

Hasil ini sekaligus menjadi rekor tersendiri bagi Fajar/Rian. Tercatat ada tiga pencapaian yang berhasil diraih oleh mereka. Pertama keberhasilan perdana sebagai pasangan ganda putra peringkat satu dunia, kedua kemenangan pertama di awal tahun, dan ketiga kemenangan pertama di Turnamen BWF World Tour Super 1000.

Sebelumnya Fajar/Rian sempat mengikuti turnamen ini pada 2022 lalu. Sayangnya mereka berhasil ditaklukan oleh wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan skor 22-24, 21-16, 9-21.

Sayangnya wakil Indonesia lainnya gagal mengikuti jejak Fajar Rian. Di sektor tunggal putra, empat wakil Indonesia,Shesar Hiren Rhustavio, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Antony Sinisuka Ginting terpaksa pulang lebih awal.

Langkah Shesar mampu dihentikan oleh wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn di babak pertama. Sementara Jojo terhenti di babak kedua usai ditaklukan Kenta Nishimoto. Nasib serupa juga di alami Chico di babak kedua usai dikandaskan oleh wakil India, Pranoy HS. Ada pun Ginting terhenti di partai perempatfinal usai dibungkam Kenta Tsuneyama.

Di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tanjung, turut mengalami hasil buruk. Pebulutangkis asal Wonogiri ini tertahan di babak kedua usai ditaklukan oleh Wen Chi Hsu.

Sedangkan di sektor ganda putra, lima wakil selain Fajar/Rian saling berguguran. Tercatat Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin kandas di babak kedua.

Bagas/Fikri harus menelan pil pahit usai dikalahkan wakil andalan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Sementara Pramudya/Yeremia tumbang lewat perang saudara melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sedangkan Leo/Daniel dikalahkan unggulan keenam asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Ahsan/Hendra yang mampu lolos pun harus menerima kenyataan pahit. Pasangan berjuluk The Daddies ini gagal meneruskan langkahnya usai ditumbangkan oleh Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Ada pun Marcus Gideon/Kevin Sanjaya terpaksa pulang lebih awal setelah ditaklukan oleh Liang Weikang/Wang Chang di babak kedua.

Dua wakil ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi tidak luput dari kegagalan. Tercatat Apriyani/Fadia harus mundur di babak semifinal karena mengalami cedera. Sementara Febriana/Amalia ditaklukkan unggulan pertama, Chen Qing Chen/Jika Yi Gan di babak 16 besar.

Hasil serupa juga dialami sektor ganda campuran Indonesia. Empat wakilnya, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, ZachariahJosiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, dan DejanFerdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja gagal meraih hasil maksimal.

Tercatat Rinov/Pitha dan Zachariah/Hediana terhenti di babak pertama. Rinov/Pitha gagal usai dibungkam oleh ThomHicquel/Delphine Delrue asal Perancis, sementara Zachariah/Hediana ditumbangkan oleh wakil Jepang Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo.

Sedangkan Rehan/Lisa kandas di babak 16 besar usai ditaklukan wakil tuan rumah, Cheng Tan Jie/Toh Ee Wei, dan Dejan/Gloria gagal melanjutkan langkahnya ke babak final usai dikalahkan unggulan pertama asal Cina, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Bulu Tangkis Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan