Mall of Asia Arena: Venue Basket SEA Games 2019 Mirip NBA hingga Kesenjangan Olahraga di Filipina

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 07 Desember 2019
Mall of Asia Arena: Venue Basket SEA Games 2019 Mirip NBA hingga Kesenjangan Olahraga di Filipina
Mall of Asia. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

BolaSkor.com - Basket merupakan olahraga paling populer di Filipina. Tak ayal, setiap di sudut jalanan Filipina, para warga bermain basket. Lapangan basket menjamu di setiap sudut kota di Filipina.

Maka tak ayal, venue basket untuk SEA Games 2019 sangat megah. Bahkan venue ini sangat mirip dengan tempat digelarnya pertandingan NBA.

SEA Games 2019
Mall of Asia Arena, venue basket SEA Games 2019. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

Megahnya Mall of Asia Arena

BolaSkor.com yang meliput langsung SEA Games 2019 di Filipina, memiliki kesempatan berkunjung ke venue basket. Venue ini berama Mall of Asia Arena.

Mall of Asia Arena berada di distrik Bay City, Pasay, Metro Manila, Manila, Filipina. Arena ini memiliki kapasitas 20 ribu penonton. Mall of Asia Arena dibangun pada tahun 2010, dan dibuka secara resmi pada pertengahan 2012.

Arena indoor ini berada di kawasan Mall of Asia, pusat perbelanjaan terbesar se-Asia. Saking megahnya, Arena ini merupakan venue basket termegah dan terbesar se-Asia.

Mall of Asia Arena merupakan satu-satunya venue basket di Asia yang memiliki Jumbotron, layar digital gantung di tengah seperti NBA.

Baca Juga:

Mengintip Venue Timnas Indonesia U-23 Vs Laos Stadion Imus: Ruang Ganti Pemain di Kelas

Cerita Venue Bulu Tangkis SEA Games 2019: Daerah Pedesaan hingga Cedera Gregoria Akibat Lapangan Licin

Kesenjangan Olahraga di Filipina

Venue basket yang megah ini tak sebanding dengan tempat diselenggarakannya cabang olahraga lain di SEA Games 2019. Contohnya bisa dilihat dari Stadion Imus Cative.

Stadion Imus berjarak kurang lebih 30 km dari Manila. Stadion ini berada di kawasan sekolah Gen Pantaleon Garcia Senior High School.

Satu-satunya tribun tanpa bangku atau single seat. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

Stadion Imus hanya memiliki satu tribun, itu pun tanpa bangku penonton atau single seat. Sementara itu, bagian media center dan jumpa pers tak sesuai harapan.

Yang menarik, changing room atau ruang ganti untuk pemain menggunakan kelas sekolah. Seperti halnya ruang jumpa pers, sekretariat, dan tempat bagi match commisioner.

"Sepak bola, bulu tangkis? Kami tidak mengenal itu di sini. Yang kami tahu cuma basket," ujar warga Filipina, Ricardo Esperanza kepada BolaSkor.com.

Ruang jumpa pers. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

Lalu venue bulu tangkis. Jarak venue dari pusat kota Manila mencapai 40 kilometer. Sulitnya akses transportasi umum di venue bulu tangkis yang terletak di distrik Muntinlupa.

"Tidak ada iklan SEA Games-nya, dan kayanya GOR Badminton tidak diperbaiki seperti maunya kita (dan para peserta lain)," tulis Subid Hubungan Luar Negeri PBSI Bambang Roedyanto, dalam laman Twitternya.

SEA Games 2019
Daerah distrik Muntinlupa, tempat venue bulu tangkis berdiri. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

Pemeriksaan di Mall of Asia Arena saja harus melewati dua tahap untuk masuk ke dalam. Pertama, pemeriksaan saat masuk pagar. Kedua ketika masuk arena.

Id card media pun distempel saat hendak masuk arena. Hal ini tidak terjadi di venue-venue cabor lain di SEA Games 2019, yang sudah didatangi BolaSkor.com.

Laporan Langsung BolaSkor.com/Andhika Putra dari Filipina

Kesamber Desember Basket Breaking News SEA GAMES SEA Games 2019
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan