Man City 2-1 Liverpool: Perburuan Titel Premier League 2018-19 Kian Panas

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 04 Januari 2019
Man City 2-1 Liverpool: Perburuan Titel Premier League 2018-19 Kian Panas
Manchester City menang 2-1 kontra Liverpool (Foto: @OptaJoe)

BolaSkor.com - Rekor tak pernah kalah Liverpool di Premier League berakhir. Bertahan di 20 laga, rekor itu diakhiri juara bertahan Premier League, Manchester City, melalui kemenangan 2-1 di Etihad Stadium, Jumat (4/1) dini hari WIB.

Man City kini mengekor Liverpool dengan jarak empat poin. Perburuan titel Premier League 2018-19 kian memanas karena jarak yang relatif dekat itu.

Manchester City senantiasa memeragakan permainan ofensif dengan penguasaan bola yang mereka miliki di Etihad Stadium. Turun dengan formasi 4-3-3, tuan rumah mengandalkan Raheem Sterling, Sergio Aguero, dan Leroy Sane di lini depan.

Liverpool juga turun dengan taktik 4-3-3 dan pendekatan gaya main yang berbeda. Gegenpressing Jurgen Klopp menjadikan mereka sebagai tim yang berbahaya ketika melakukan serangan balik, khususnya karena Liverpool punya Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan.

Baca Juga:

Bohemian Rhapsody Ala Pep Guardiola Vs Heavy Metal Milik Jurgen Klopp

Analisis Pep Guardiola soal Kekuatan Liverpool

Andai Dikalahkan Manchester City, Statistik Berikut Buktikan Peluang Juara Liverpool Tetap Terbuka

Jual beli serangan terjadi di laga yang berjalan dengan intensitas tinggi ini. Man City bahkan diselamatkan oleh dewi fortuna kala sebuah momen emas Liverpool terjadi di menit 17.

Kemelut terjadi ketika sepakan John Stones yang ingin menyapu bola tendangan Mane, yang menerpa mistar gawang, mengenai tubuh Ederson dan memantul ke gawang sendiri. Stones mampu menebusnya dengan sapuan bola tepat sebelum bola melewati garis gawang.

Pasca momen itu, Man City menguasai penguasaan bola sebanyak 53 persen berbanding 47 dan mampu memanfaatkannya dengan gol dari Aguero di menit 40.

Menyerobot bola lebih cepat dari Dejan Lovren, Aguero mengonversi operan dari Bernardo Silva menjadi gol ke gawang Alisson. 1-0 Man City unggul dan skor ini menutup paruh pertama di Etihad Stadium.

Drama di babak kedua pertandingan berjalan semakin seru. Diawali dengan masuknya Fabinho menggantikan James Milner di menit 57 untuk Liverpool, permainan mereka berubah dan lebih baik ketika menguasai bola, hingga gol penyama kedudukan lahir di menit 64.

Operan lambung dari sisi kanan yang diberikan Trent Alexander-Arnold, bek kanan, disambut Andrew Robertson, bek kiri, yang langsung mengumpannya kepada Firmino dan dikonversi jadi gol. Kedudukan sama kuat 1-1.

Ilkay Gundogan masuk semenit dari gol itu menggantikan David Silva. Pep Guardiola ingin coba menjaga kekuatan di lini tengah Man City dengan memasukan pemain yang lebih bertenaga.

Pergantian itu cukup sukses dilakukan oleh Guardiola, sebab Man City kembali unggul di menit 72 melalui gol Leroy Sane yang menerima operan dari mantan pemain Liverpoo, Raheem Sterling. 2-1 Man City berbalik unggul.

Leroy Sane

Liverpool coba mengerahkan segalanya untuk kembali mencetak gol dengan memainkan Daniel Sturridge dan Xherdan Shaqiri, menggantikan Georginio Wijnaldum dan Mane.

Akan tapi, Guardiola juga meresponnya dengan memainkan Kyle Walker dan Nicolas Otamendi, dua bek untuk mengamankan keunggulan itu. Alhasil, Man City mampu mempertahankan keunggulan 2-1 hingga akhir laga, plus tambahan waktu enam menit berakhir. Man City menodai rekor tak pernah kalah Liverpool di Premier League.

Susunan Pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson; John Stones, Vincent Kompany (Nicolas Otamendi 88'), Aymeric Laporte (Kyle Walker 86'), Danilo; Bernardo Silva, Fernandinho, David Silva (Ilkay Gundogan 65'); Raheem Sterling, Sergio Aguero, Leroy Sane.

Pemain Cadangan: Arijanet Muric, Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne, Riyad Mahrez, Gabriel Jesus.

Manajer: Pep Guardiola

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum (Daniel Sturridge 86'), Jordan Henderson, James Milner (Fabinho 57'); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (Xherdan Shaqiri 77').

Pemain Cadangan: Simon Mignolet, Alberto Moreno, Fabinho, Naby Keita, Adam Lallana, Xherdan Shaqiri, Daniel Sturridge.

Manajer: Jurgen Klopp

Breaking News Liverpool Manchester City Premier League Leroy Sane Sergio Aguero Roberto Firmino
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan