Man City 9-0 Burton Albion, The Citizens Ulangi Rekor Skuat Don Revie 52 Tahun Silam

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 10 Januari 2019
Man City 9-0 Burton Albion, The Citizens Ulangi Rekor Skuat Don Revie 52 Tahun Silam
Don Revie dan skuat Leeds United (Foto: @OptaJoe)

BolaSkor.com - Tanpa ampun dan kejam. Perspektif itu barangkali muncul di benak pikiran pecinta sepak bola Inggris ketika melihat Manchester City melumat Burton Albion di leg satu semifinal Piala Liga, Kamis (10/1) dini hari WIB, dengan skor telak 9-0.

Menurunkan nama-nama top seperti Gabriel Jesus, Kevin De Bruyne, David Silva, dan Leroy Sane, The Citizens dengan mudah melumat tim League One - kasta ketiga divisi sepak bola Inggris. Statistik sudah 'berbicara' banyak soal laga itu.

Man City unggul jumlah tendangan 28 berbanding empat, 14 tepat sasaran berbanding satu, 74 penguasaan bola berbanding 26 persen Burton, dan 818 operan berbanding 292.

Empat gol di pertandingan itu dicetak oleh Jesus dan sisa lima gol lainnya dilesakkan De Bruyne, Oleksandr Zinchenko, Phil Foden, Kyle Walker, dan Riyad Mahrez. Jesus sekarang telah mencetak delapan gol dari tujuh kali kesempatan tampil sebagai starter di seluruh kompetisi.

Baca Juga:

Man City Pesta 9 Gol, Brahim Diaz Mainkan Debut di Real Madrid

Pep Guardiola Tantang Gabriel Jesus Saingi Sergio Aguero

Gabriel Jesus di antara pertahanan Burton Albion

Striker asal Brasil itu juga menjadi pemain ketiga setelah Carlos Tevez dan Sergio Aguero yang mencetak lebih dari satu hat-trick untuk Man City, semenjak pindah dari Maine Road ke Stadion Etihad. Jesus menorehkan dua hat-trick, sementara Tevez empat dan Aguero 10 kali.

Lebih spesial lagi bagi Man City, dikutip dari Opta, skuat terkini asuhan Pep Guardiola menyamai rekor brilian Leeds United-nya Don Revie, sebagai tim yang dapat mencetak setidaknya tujuh gol dalam dua laga beruntun di seluruh kompetisi.

Sebelum melibat Burton asuhan Nigel Clough, Manchester Biru menang telak 7-0 kontra Rotherham di Piala FA. Terakhir terjadi sebuah tim menang dengan skor tujuh gol atau lebih pada Oktober 1967.

Don Revie atau dengan nama panjangnya Donald George Revie menjadikan Leeds sebagai kekuatan terbaik Inggris pada medio 1961-1974. Rivalitasnya dengan Brian Clough menghiasi perjalanan Revie dengan Leeds dan Anda bisa menyaksikannya dalam film "The Damned United"

Guardiola juga memecahkan rekor lainnya. Man City pertama kali mencetak delapan gol di satu laga sejak November 1987. Kala itu, mereka menang 10-1 melawan Huddersfield Town.

Sementara di fase semifinal, kemenangan dengan skor 9-0 merupakan kemenangan terbesar sepanjang masa di semifinal dari turnamen di Inggris. Satu langkah Man City kini telah ada di final untuk coba mempertahankan gelar melawan pemenang laga antara Chelsea dengan Tottenham Hotspur.

Breaking News Manchester City Burton Albion FC Piala Liga Pep Guardiola Leeds United Gabriel Jesus
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan