BolaSkor.com - Titel pertama diraih Manchester City di musim 2020-2021. Usai gagal memenangi titel Piala FA setelah disingkirkan Chelsea, The Citizens menebusnya dengan keberhasilan memenangi trofi Piala Liga.

Berlangsung di Wembley Stadium pada Minggu (25/04) malam WIB, Man City mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol di pertandingan itu tercipta di menit 82 dari tandukkan kepala Aymeric Laporte.

Tottenham sudah berusaha mengimbangi permainan City tapi mereka kalah dari segi permainan. Tottenham melepaskan dua tendangan dan satu tepat sasaran dengan 37 persen penguasaan bola, sedangkan City melepaskan 21 tendangan (empat tepat sasaran) dari 63 persen penguasaan bola.

Baca Juga:

Manchester City 1-0 Tottenham: Juara Piala Liga Keempat Beruntun buat The Citizens

Adu Mahal Pemain PSG Vs Man City Usai Diakuisisi Pengusaha Timur Tengah

Tiga Kemenangan Menuju Titel Premier League Ketujuh Manchester City

Pep Guardiola bersama staf kepelatihannya

"Itu (raihan trofi) bagus. Saya berada di klub besar: Barcelona, Bayern Munchen, di sini. Itulah mengapa lebih mudah melakukannya," kata Guardiola kepada Sky Sports soal raihan trofinya.

"Ini tidak penuh (di stadion) tapi suasananya sangat berisik (dari suporter)," tambahnya. "Hari ini kami sangat senang bahwa kami memiliki empat kans berturut-turut dalam kompetisi ini. Kami mencoba untuk memenangkan pertandingan, menciptakan banyak peluang."

"Mereka memiliki beberapa peluang melalui serangan balik tetapi secara umum kami memiliki permainan yang bagus," imbuh dia.

Tidak mudah menundukkan City apalagi Tottenham baru mengganti manajer mereka dengan memecat Jose Mourinho dan menunjuk Ryan Mason sebagai manajer interim.

Mason jadi manajer termuda yang memimpin tim di final Piala Liga (29 tahun 316 hari), melewati rekor Gianluca Vialli dengan Chelsea pada 1998 (33 tahun 263 hari).

Pencapaian Spesial Pep Guardiola

Pep Guardiola (50 tahun) sudah melatih Man City sejak 2016. Selama lima tahun Guardiola sudah mempersembahkan dua titel Premier League, satu Piala FA, empat Piala Liga, dan dua Community Shield.

Empat titel Piala Liga itu spesial karena diraihnya selama empat musim beruntun, menegaskan ambisi Man City untuk menyapu bersih seluruh titel meski titel Piala Liga acapkali dipandang sebelah mata dibanding Piala FA dan Premier League.

Dari catatan BBC Sport Pep Guardiola jadi manajer pertama yang memenangi Piala Liga empat musim beruntun. Empat titel Piala Liga itu menyamai manajer-manajer legendaris seperti Brian Clough, Sir Alex Ferguson, dan Jose Mourinho.

City juga menjadi tim kedua setelah Liverpool yang memenangi empat titel Piala Liga beruntun. The reds melakukannya pada medio 1981-1984.

Catatan lainnya adalah City memenangi 19 dari 25 laga Piala Liga dengan Guardiola (dua kali kalah dan empat kali imbang). Hanya Roy Evans (78,3 persen) yang punya persentase kemenangan lebih tinggi di antara manajer dalam sejarah Piala Liga ketimbang Guardiola (76 persen).

Man City masih memiliki dua trofi yang dikejar musim ini, yakni di ajang Premier League dan Liga Champions. Mereka sudah unggul jauh di Premier League, sementara di Liga Champions mereka akan menghadapi PSG.