Man United 2-0 Newcastle: Akhir Puasa Enam Tahun Gelar Red Devils

Arief HadiArief Hadi - Senin, 27 Februari 2023
Man United 2-0 Newcastle: Akhir Puasa Enam Tahun Gelar Red Devils
Manchester United juara Piala Liga 2022-2023 (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United mengakhiri puasa gelar enam tahun kala bermain di final Piala Liga, Minggu (26/02) malam WIB, melawan Newcastle United di Wembley. Red Devils menang dengan skor 2-0 atas tim arahan Eddie Howe.

Erik ten Hag tak banyak merotasi skuad Man United usai bertanding melawan Barcelona di Liga Europa. Pada taktik 4-2-3-1 Marcus Rashford masih jadi andalan di depan bersama Wout Weghorst dan Antony, sementara Newcastle bermain dengan formasi 4-3-3.

Newcastle mengimbangi intensitas bermain Man United yang menjaga penguasaan bola lebih baik. Akan tapi pertahanan Man United juga tidak mudah ditembus meski winger Newcastle, Allan Saint-Maximin, merepotkan pertahanan Man United hingga Diogo Dalot menerima kartu kuning di menit 8.

Man United menciptakan beberapa peluang namun gol mereka ciptakan bukan dari permainan terbuka, melainkan situasi bola mati. Pada menit 33 Casemiro mencetak gol usai menerima umpan dari tendangan bebas Luke Shaw. Casemiro tak terkawal dan membawa Man United unggul 1-0.

Baca Juga:

Final Piala Liga: Tidak Ada Parade Juara untuk Manchester United

'Ilmu Hitam' Newcastle United yang Menjadi Kekhawatiran Erik ten Hag

Nostalgia - Mengenang Kejayaan Terakhir Manchester United di Piala Liga

Momentum itu berlanjut dengan serangan efisien dan rapih yang dibangun Man United. Hasilnya, pada menit 39 berawal dari serangan balik cepat, Weghorst memberikan bola kepada Rashford dan ia menendang bola yang terdefleksi Sven Botman dan berbuah gol bunuh diri. Man United unggul 2-0 dan bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua Ten Hag menarik keluar Dalot, yang sudah terkena kartu kuning, dan menggantinya dengan Aaron Wan-Bissaka. Sementara Eddie Howe ingin timnya bermain ofensif dengan memainkan Alexander Isak menggantikan Sean Longstaff.

Man United menurunkan tempo bermain di babak kedua dengan keunggulan 2-0 tersebut. Mereka hanya sesekali menyerang dari serangan balik dan Newcastle melancarkan serangan, tetapi mereka tak memiliki kreativitas permainan dan cenderung menyerang dari sayap.

Peluang yang tercipta pun sporadis datang dari Joelinton dan Jacob Murphy namun David De Gea sigap mengamankan gawangnya. Man United juga punya beberapa peluang dari serangan balik dan salah satunya dari Marcel Sabitzer yang ditepis Loris Karius.

Lima menit tambahan waktu di babak kedua berakhir dan tidak ada lagi gol yang tercipta di Wembley. Manchester United menang 2-0 atas Newcastle United.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Diogo Dalot (Aaron Wan-Bissaka 46'), Raphael Varane, Lisandro Martinez, Luke Shaw; Fred (Marcel Sabitzer 69'), Casemiro; Antony (Jadon Sancho 83'), Bruno Fernandes, Marcus Rashford (Harry Maguire 88'); Wout Weghorst (Scott McTominay 70').

Pemain Cadangan: Victor Lindelof, Scott McTominay, Jadon Sancho, Aaron Wan-Bissaka, Tom Heaton, Tyrell Malacia, Alejandro Garnacho, Harry Maguire, Marcel Sabitzer.

Pelatih: Erik ten Hag

Newcastle United (4-3-3): Loris Karius; Kieran Trippier, Fabian Schar, Sven Botman, Dan Burn; Sean Longstaff (Alexander Isak 46'), Bruno Guimaraes (Joe Willock 79'), Joelinton; Miguel Almiron (Elliot Anderson 90+1'), Callum Wilson (Matt Ritchie 90+1'), Allan Saint-Maximin (Jacob Murphy 78').

Pemain Cadangan: Jacob Murphy, Matt Targett, Joe Willock, Matt Ritchie, Elliot Anderson, Alexander Isak, Mark Gillespie, Jamaal Lascelles, Javier Manquillo.

Pelatih: Eddie Howe

Piala Liga Piala Liga Inggris Manchester United Newcastle Newcastle United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.170

Bagikan