BolaSkor.com - PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) membuat keputusan mengejutkan di musim ini. Perusahaan yang menaungi tim berjuluk Maung Bandung itu membeli klub baru.

Namun tim yang dipersiapkan untuk menghadapi musim 2019 ini bukan untuk menjadi pesaing Persib Bandung, melainkan akan menjadi tim satelit yang akan berlaga di Liga 2.

Kabar menyebutkan tim yang akan dinamai Persib B itu sebelumnya bernama Blitar United.

Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono membenarkan bahwa pihaknya akan mengambil alih Blitar United untuk menjadi tim satelit Persib Bandung.

"Ya, memang benar Blitar United akan kami beli dan berganti nama jadi Persib B, bukan Bandung B seperti yang dikatakan Robert Alberts (pelatih Persib Bandung)," ujar Teddy, Senin (10/6).

Baca Juga:

Sukses Liverpool Sesuai Prediksi, Striker Persib Ezhechiel N'Douassel Jadikan Sadio Mane Contoh

Arema FC Koreksi Keberatan Perubahan Jadwal karena Agenda Timnas Indonesia

Namun demikian, lanjut Teddy saat ini tim berjulukan The Black Cats tersebut belum sepenuhnya resmi menjadi milik PT PBB. Masih butuh proses untuk bisa menjadikan Blitar United milik Persib.

"Tinggal administrasi saja," tegasnya.

Jika proses rampung, Persib Bandung akan menjadi klub pertama di Indonesia yang akan memiliki tim satelit di Liga 2.

Beberapa klub di dunia telah melakukan hal yang sama, seperti halnya Barcelona dan Real Madrid yang memiliki tim Barcelona B atau Real Madrid B (Real Madrid Castilla). Mereka adalah tim cadangan yang berkompetisi resmi di kasta bawah.

Namun, tim satelit atau tim cadangan itu nantinya tidak bisa mencicipi kasta tertinggi jika tim utamanya masih berada di kompetisi tersebut. Artinya, jika nanti tim satelit yang dibangun Persib menjadi juara di Liga 2, mereka tidak bisa naik kasta ke Liga 1. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)