Manajer Persija Jakarta Setuju Liga 1 Menggunakan VAR

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 29 Mei 2019
Manajer Persija Jakarta Setuju Liga 1 Menggunakan VAR
Marsekal Pertama (Marsma) Ardhi Tjahjoko (BolaSkor.com/ Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com – Manajer Persija Jakarta, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ardhi Tjahjoko mengatakan bahwa Persija Jakarta mendukung PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI untuk mengunakan Video Assistant Refferee (VAR) pada gelaran Liga 1.

Kendati demikian, Ardhi Tjahjoko menjelaskan penggunaan VAR itu tidak mudah. Bahkan butuh waktu dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten untuk bisa mengaplikasikan VAR tersebut dalam sebuah pertandingan.

Memang pada Liga 1 2019, banyak sekali keputusan wasit yang janggal sehingga menimbulkan protes. Salah satu yang paling terbaru ialah keputusan wasit Yudi Nurcahya yang tidak memberikan penalti kepada Persija Jakarta.

Baca Juga:

Ivan Kolev Sulit Memercayai Persija Jakarta Kalah dari PSIS

Kunci Kemenangan PSIS Semarang atas Persija Jakarta

Padahal pada pertandingan tersebut, sangat jelas bahwa pemain belakang PSIS Semarang menyentuh bola dengan tangan dan posisi wasit pada saat kejadian tersebut tidak jauh, ini yang membuat Persija Jakarta merasa dirugikan.

“Intinya oke boleh pakai VAR, tapi kan itu perlu waktu dalam arti SDM nya juga harus dilatih, terus nanti siapa yang menentukan suatu kejadian itu boleh pakai VAR atau tidak, pemain atau pelatih harus ada aturan yang benar,” kata Ardhi.

Ardhi Tjahjoko menjelaskan pada saat managers meeting ini sudah menjadi pembahasan. “Klub siap kok jika dimintai dana untuk bikin VAR. Kami klub siap, kasarannya patungan lah kami siap karena kemarin dari LIB belum siap untuk itu,” Ardhi menambahkan.

“Mungkin termasuk dari subsidi klub ya, gapapa silakan aja kalau dipotong buat VAR tapi yang pasti drama sepakbola akan hilang di situ. Sekarang kan yang bikin ramai dan seru dramanya itu, tapi kan ya pasti ada plus minusnya lah,” tutup Ardhi.

Persija jakarta Liga 1 Liga 1 2019 Ardhi Tjahjoko VAR
Posts

4.871

Bagikan