Manchester City 1-0 Arsenal: Kemenangan Ke-18 Pep Guardiola atas The Gunners

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 28 Januari 2023
Manchester City 1-0 Arsenal: Kemenangan Ke-18 Pep Guardiola atas The Gunners
Manchester City 1-0 Arsenal (Twitter)

BolaSkor.com - Juara bertahan Premier League, Manchester City, mengalahkan Arsenal di putaran empat Piala FA yang dihelat di Emirates Stadium, Sabtu (28/01) dini hari WIB. The Citizens menang 1-0 dan The Gunners tersingkir di putaran empat Piala FA.

Selain itu kemenangan itu juga menjadi kemenangan ke 18 Pep Guardiola atas Arsenal di seluruh kompetisi, menjadikan Arsenal sebagai tim yang paling sering dikalahkannya.

Jalannya Pertandingan

Rotasi pemain sama-sama diterapkan kedua pelatih di laga ini. Man City arahan Pep Guardiola bermain dengan formasi 4-2-3-1 dan Arsenal besutan Mikel Arteta main dengan taktik 4-3-3. Man City, dengan dukungan fans tuan rumah, coba mengambilalih permainan.

Kendati demikian tidak mudah terlalu lama mengontrol penguasaan bola, sebab Arsenal disiplin menerapkan pressing dan tidak sering keluar meninggalkan zona. Itu cukup menyulitkan bagi Man City untuk membangun serangan.

Baca Juga:

Menilik Perbandingan Guru Vs Murid, Pep Guardiola dan Mikel Arteta

Pep Guardiola Sudah Tahu Lama soal Bakat Melatih Mikel Arteta

Prediksi dan Statistik Man City Vs Arsenal: Menguji The Gunners

Tak ayal di beberapa kesempatan Man City banyak memainkan bola lambung ke depan untuk diberikan langsung kepada Erling Haaland, target man Man City. Arsenal pun dapat memantahkan tiap serangan yang dibangun tuan rumah.

Babak pertama pun berakhir tanpa gol di antara kedua pihak. Man City punya lima tendangan (satu tepat sasaran) dari 58 persen penguasaan bola, sementara Arsenal dengan 42 persen penguasaan bola melepaskan empat tendangan (dua tepat sasaran).

Sejumlah pergantian pemain terjadi di babak kedua dan Arsenal kali ini lebih banyak mengambil inisiatif untuk mendominasi penguasaan bola. Tetapi Man City justru mampu mencetak gol dalam situasi tersebut.

Pada menit 64 dari sepakan spekulasi Julian Alvarez yang mengenai mistar gawang, bola diterima Jack Grealish yang menjaganya dengan baik sebelum memberi assist untuk Nathan Ake yang membantu serangan. Ake mengonversi peluang itu jadi gol. 1-0 Man City unggul.

Arsenal terus menekan pertahanan Man City dengan masuknya pemain-pemain baru dari bangku cadangan. Di antara mereka yang bermain, kecepatan Gabriel Martinelli di sisi kiri serangan Arsenal terbukti merepotkan sisi kanan pertahanan Man City. Akan tapi sampai menit 88 kedudukan tak berubah.

Empat menit tambahan waktu diberikan di penghujung babak kedua. Tidak ada lagi gol yang tercipta di Emirates Stadium, Manchester City menang 1-0 atas Arsenal di putaran empat Piala FA.

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Stefan Ortega; Rico Lewis (Kyle Walker 58'), Manuel Akanji, John Stones (Aymeric Laporte 45+4'), Nathan Ake; Ilkay Gundogan, Rodrigo; Riyad Mahrez (Julian Alvarez 58'), Kevin De Bruyne (Bernardo Silva 75'), Jack Grealish; Erling Haaland.

Pemain Cadangan: Bernardo Silva, Ruben Dias, Kyle Walker, Cole Palmer, Julian Alvarez, Joao Cancelo, Ederson, Aymeric Laporte, Kalvin Phillips.

Pelatih: Pep Guardiola

Arsenal (4-3-3): Matt Turner; Takehiro Tomiyasu, Rob Holding (William Saliba 46'), Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney (Oleksandr Zinchenko 66'); Fabio Vieira, Thomas Partey (Albert Sambi Lokonga 46'), Granit Xhaka; Bukayo Saka (Martin Odegaard 74'), Eddie Nketiah, Leandro Trossard (Gabriel Martinelli 66').

Pemain Cadangan: Jakub Kiwior, Gabriel Martinelli, William Saliba, Marquinhos, Martin Odegaard, Ben White, Oleksandr Zinchenko, Aaron Ramsdale, Albert Sambi Lokonga.

Pelatih: Mikel Arteta

Piala FA Arsenal Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan