BolaSkor.com - Manchester City mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 pada final Piala Liga di Stadion Wembley, Minggu (25/4). Gol kemenangan City dicetak Aymeric Laporte pada menit ke-82.

Manchester City yang berpeluang menyamai pencapaian Liverpool, dengan menjuarai Piala Liga sebanyak delapan kali, langsung mengambil inisiatif serangan sejak laga dimulai.

Baca Juga:

Liga Super Eropa Respons Pengunduran Diri Wakil Premier League

Arsenal Tak Pantas Masuk Liga Super Eropa

Cabut dari Liga Super Eropa, Arsenal Minta Maaf kepada Fans

Pertandingan berjalan tujuh menit aksi Raheem Sterling di sisi kiri membuat lini pertahanan Tottenham ketar-ketir. Sayang Phil Foden yang meneruskan umpan Sterling gagal mengarahkan bola ke gawang lawan. Selang satu menit kemudian Sterling kembali mengancam. Kali ini bola sentuhan Sterling yang menerima umpan Riyad Mahrez masih melambung.

Serangan City terus datang bergelombang, memaksa para pemain Tottenham tidak beranjak dari area mereka. Menit ke-14 bola sepakan Foden di muka gawang Purs masih bisa diblok Erick Dier.

Foden kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-25. Namun usaha Foden dari jarak dekat masih dibendung secara gemilang oleh kiper Spurs, Hugo Lloris. Selang lima menit kemudian peluang City lagi-lagi gagal membuahkan gol setelah bola chip Sterling masih menyamping.

City semakin mendomninasi pertandingan. Dengan sabar mereka menguasai bola sembari membuka pertahanan Tottenham. Seperti yang terjadi pada menit ke-35. Mahrez yang berhasil melewati Reguilon melepaskan sepakan keras. Namun bola masih melebar dari sasaran.

Meski terus mendominasi dan menggedor pertahanan Spurs, Man City gagal membuat gol di babak pertama. Skor imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Tottenham mencoba mengambil alih kendali dengan langsung menggebrak. Paruh kedua baru berjalan dua menit, usaha Spurs nyaris membuahkan hasil. Sayang peluang yang didapat Lo Celso masih bisa dipatahkan kiper City Zack Steffen.

Lepas dari peluang tersebut, Spurs kembali dipaksa lebih banyak mengejar bola yang dikuasai City. Sementara City nyaris selalu bisa langsung merebut bola begitu kehilangan penguasaan.

Pada menit ke-55 Sterling kembali mendapatkan peluang. Menerima umpan terobosan dari Kevin de Bruyne, Sterling melepaskan tambakan melengkung ke arah tiang jauh. Sekali lagi, bola masih melenceng.

Peluang City kembali gagal saat laga masuk menit 60. Kali ini giliran Ilkay Gundogan yang gagal membobol gawang Spurs. Bola sundulan gelandang Jerman itu melayang ke atas mistar gawang Lloris.

City terus menekan, sedangkan Tottenham sesekali mencoba melancarkan serangan balik cepat yang dimotori oleh Harry Kane dan Son Hyung-min, plus Gareth Bale yang masuk di pertengahan babak kedua.

Peluang emas kembali didapat City. Namun peluang City dipatahkan Lloris yang secara gemilang menepis bola lengkung hasil sepakan Mahrez yang mengarah ke pojok bawah di menit ke-73.

Tekanan terus-menerus yang dilancarkan City akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-82. Meneruskan umpan tendangan bebas De Bruyne, Aymeric Laporte berhasil memenangkan duel melawan Sissoko. Bola tandukannya melesat ke dalam gawang Spurs tanpa bisa dibendung Lloris. City unggul 1-0.

Unggul satu gol tak membuat City mengendurkan serangan. City justru coba memaksimalkan situasi di mana Spurs mesti keluar menyerang. Namun, hingga laga usai skor 1-0 tidak berubah.

City menjadi juara Piala Liga untuk kedelapan kalinya. Mereka menyamai pencapaian Liverpool sebagai klub paling sering juara Piala Liga. City juga menjadi klub kedua yang mampu menjuarai Piala Liga empat kali beruntun. Menyamai Liverpool yang menjadi juara 1981 hingga 1984.


Susunan Pemain

MANCHESTER CITY (4-3-3): Zack Steffen; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Ilkay Gundogan, Fernandinho (Rodri 84), Kevin De Bruyne (Bernardo Silva 87); Riyad Mahrez, Raheem Sterling, Phil Foden

TOTTENHAM (4-3-3): Hugo Lloris; Serge Aurier (Bergwijn 90), Toby Alderweireld, Eric Dier, Sergio Reguilon; Harry Winks, Pierre-Emile Hojbjerg (Alli 84), Giovanni Lo Celso (Sissoko 67); Lucas Moura (Bale 67), Harry Kane, Son Heung-Min