Manchester City 4-0 Real Madrid: The Citizens Jumpa Inter Milan di Final Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 18 Mei 2023
Manchester City 4-0 Real Madrid: The Citizens Jumpa Inter Milan di Final Liga Champions
Manchester City 4-0 Real Madrid (@OptaJoe)

BolaSkor.com - Manchester City masih berada dalam jalur perebutan treble winners. The Citizens menyingkirkan juara bertahan, Real Madrid, dengan skor telak 4-0 di leg dua semifinal Liga Champions yang dimainkan di Etihad Stadium, Kamis (18/05) dini hari WIB.

Man City unggul agregat gol 5-1 dan akan menantang Inter Milan, yang menyingkirkan AC Milan di semifinal, pada final Liga Champions yang dimainkan di Istanbul pada 11 Juni 2023.

Jalannya Pertandingan

Taktik 3-2-4-1 yang digunakan Pep Guardiola kembali diterapkan melawan Madrid. Erling Haaland sebagai ujung tombak yang didukung pergerakan Jack Grealish, Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne, dan Bernardo Silva.

Tampil di Etihad Stadium, Man City tampil beda ketimbang saat terakhir bermain di Santiago Bernabeu. The Citizens langsung mengurung Madrid di zona pertahanan mereka sendiri, intens melakukan pressing (menekan lawan) hingga para pemain lawan tak bebas mengontrol bola.

Baca juga:

9 Statistik Menarik Usai Manchester City Bungkam Arsenal: The Citizens 92,1 Persen Juara

Pep Guardiola: Kembali Bermain di Liga Champions Merupakan Trofi Terpenting Arsenal

Pedri Dukung Manchester City Kalahkan Madrid dan Lolos ke Final

Madrid seolah tak memiliki jawaban dari permainan dominan tuan rumah. Thibaut Courtois, kiper Madrid, dibuat berkeringat dengan serangan bertubi-tubi Man City dan membuat penyelamatan khususnya dari tandukan kepala Haaland dua kali di menit 13 dan 21.

Madrid tak bisa selamanya mengharapkan Courtois dan pertahanan mereka pun jebol di menit 23. Para pemain bertahan Madrid lengah menjaga pergerakan Silva ketika ia menerima bola dari De Bruyne, dan dengan kaki kiri mencetak gol ke gawang Madrid. 1-0 Man City unggul.

Tim tamu coba membalasnya namun hanya ada satu peluang nyata ketika Toni Kroos melepaskan tendangan spekulatif di menit 35. Sepakan kencang itu mengenai mistar gawang Man City.

Dua menit dari momen itu gawang Madrid kembali jebol. Kembali, Silva mencetak gol dan kali ini memanfaatkan bola liar pasca bola sepakan Gundogan diblok Eder Militao. Bola ditanduk Silva dan Courtois tak bisa mencegahnya. 2-0 Man City menjauh.

Keunggulan itu bertahan hingga turun minum dan statistik sudah memperlihatkan betapa dominannya Man City: 72 persen penguasaan bola, 13 tendangan dan 5 tepat sasaran. Sementara Madrid hanya punya 28 persen penguasaan bola dengan satu percobaan tendangan.

Permainan Madrid membaik di babak kedua, tetapi itu juga tak lepas dari kurangnya intensitas bermain Man City yang coba mengatur tempo setelah bermain di level tinggi pada babak pertama.

Meski begitu, tetap tidak mudah bagi Madrid mencetak gol karena serangan mereka dapat dibaca dan dimentahkan oleh Man City. Bahkan Madrid bisa saja kebobolan gol ketiga di menit 73 ketika Haaland punya peluang dari jarak dekat dan dicegah oleh Courtois.

Tak lama dari momen itu, pada menit 76, gol bunuh diri tercipta dari situasi bola mati kala De Bruyne mengirim bola dan ditanduk oleh Manuel Akanji, terdefleksi Militao dan menjadi gol ketiga Man City. 3-0 Man City menjauh dan agregat gol menjadi 4-1.

Praktis gol itu sudah 'membunuh' laga dan mengirim Man City ke final Liga Champions. Lebih parahnya lagi, tepat sebelum laga bubar pemain pengganti Julian Alvarez mencetak gol ketika menerima bola dari Phil Foden. 4-0 Man City menang, agregat gol 5-1, dan akan menantang Inter Milan di final Liga Champions.

Susunan Pemain

Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Manuel Akanji, Ruben Dias, Kyle Walker; Rodri, John Stones; Jack Grealish, Ilkay Gundogan (Riyad Mahrez 79'), Kevin De Bruyne (Phil Foden 84'), Bernardo Silva; Erling Haaland (Julian Alvarez 89').

Pemain Cadangan: Stefan Ortega, Scott Carson, Kalvin Phillips, Aymeric Laporte, Julian Alvarez, Sergio Gomez, Riyad Mahrez, Phil Foden, Cole Palmer, Rico Lewis.

Pelatih: Pep Guardiola

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Eduardo Camavinga (Aurelien Tchouameni 80'), David Alaba, Eder Militao, Dani Carvajal (Lucas Vazquez 80'); Luka Modric (Antonio Rudiger 63'), Toni Kroos (Marco Asensio 70'), Federico Valverde; Vinicius Junior, Karim Benzema, Rodrygo (Dani Ceballos 80').

Pemain Cadangan: Andriy Lunin, Jesus Vallejo, Nacho, Eden Hazard, Marco Asensio, Alvaro Odriozola, Lucas Vazquez, Aurelien Tchouameni, Dani Ceballos, Antonio Rudiger, Ferland Mendy, Mariano Diaz.

Pelatih: Carlo Ancelotti

Liga Champions Real Madrid Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan