Manchester City 4-1 Liverpool: The Citizens Belum Menyerah Kejar Arsenal

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 01 April 2023
Manchester City 4-1 Liverpool: The Citizens Belum Menyerah Kejar Arsenal
Manchester City 4-1 Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Juara bertahan Premier League, Manchester City, menunjukkan kekuatan mental dalam perburuan titel liga musim ini. Melawan rival dalam beberapa tahun terakhir, Liverpool, Man City menang 4-1 di Etihad Stadium, Sabtu (01/04) malam WIB.

Dengan kemenangan di pekan 29 Premier League tersebut, Man City memangkas jarak dengan Arsenal menjadi lima poin dan mengoleksi 64 poin dari 28 laga. Liverpool ada di peringkat enam dengan 42 poin dari 27 pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Man City tanpa Erling Haaland karena cedera. Posisi top skorer Man City itu digantikan Julian Alvarez pada formasi 4-2-3-1 dan Alvarez didukung oleh Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Jack Grealish. Sementara Liverpool dengan taktik andalan 4-3-3.

Liverpool tak punya rekor bagus di markas City dan mereka terakhir menang di sana pada 2015 (4-1). Itu sudah terlihat dari awal laga dengan penguasaan bola Man City dan membuat para pemain Liverpool bertahan, mengandalkan serangan balik.

Baca Juga:

Soal Persaingan Juara, Guardiola Tidak Melihat Pengalaman Menguntungkan Manchester City

Jelang Lawan Manchester City, Skuad Liverpool Diserang Wabah Penyakit

Demi Misi Kebangkitan, Liverpool Butuh Bek Kanan Baru Pesaing Alexander-Arnold

Selama 15 menit pertama laga Man City mendominasi penguasaan bola namun mereka belum mencetak gol. Gol pertama pun tercipta di laga ini tapi bukan untuk tuan rumah melainkan Liverpool dari serangan balik cepat.

Berawal dari Diogo Jota yang onside dan berlari di tengah, Jota menahan bola dari terjangan Manuel Akanji dan Mohamed Salah berlari untuk menyambar bola tersebut hingga berbuah gol. 1-0 Liverpool unggul di markas Man City pada menit 17.

Man City tidak panik dan tetap berpegang teguh kepada permainan mereka. Alhasil, kesabaran mereka dalam membangun serangan berbuah gol di menit 27. Serangan yang dibangun rapih berbuah gol dari Alvarez ketika ia menerima assist dari Grealish. 1-1 dan skor bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua pertahanan Liverpool 'tertidur'. Dari kegagalan membangun serangan dengan baik bola direbut pemain Man City, lalu Alvarez mengarahkan kepada Mahrez dan ia melewati Andy Robertson sebelum mengirim assist yang diubah menjadi gol oleh De Bruyne. 2-1 Man City berbalik unggul.

Momentum itu tak berhenti dan Man City memanfaatkannya dengan baik di gol ketiga yang tercipta di menit 53. Trent Alexander-Arnold, bek kanan Liverpool, memblok bola dari Alvarez dan bola liar disambar oleh Ilkay Gundogan yang ada di kotak penalti, ia mencetak gol dari jarak dekat. 3-1 Man City menjauh.

Jurgen Klopp memainkan empat pemain sekaligus dari bangku cadangan di menit 70. Kostas Tsimikas, Roberto Firmino, Darwin Nunez, dan Alex Oxlade-Chamberlain bermain sekaligus dan empat menit berselang dari pergantian itu, Man City 'membunuh' laga.

Gol keempat diciptakan Man City di menit 74 ketika De Bruyne dan Grealish memainkan operan satu dua, berujung gol Grealish ke gawang Alisson. Man City unggul 4-1 dan setelah keunggulan itu tempo laga menurun.

Tiga menit waktu tambahan berakhir di babak kedua dan tidak ada lagi gol yang tercipta. Manchester City menang 4-1 atas Liverpool dan memangkas jarak dengan Arsenal menjadi lima poin.

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; John Stones, Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Rodrigo (Bernardo Silva 83'), Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Jack Grealish (Cole Palmer 89'); Julian Alvarez.

Pemain Cadangan: Rico Lewis, Stefan Ortega, Maximo Perrone, Aymeric Laporte, Kalvin Phillips, Bernardo Silva, Cole Palmer, Sergio Gomez, Kyle Walker.

Pelatih: Pep Guardiola

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andy Robertson (Kostas Tsimikas 70'); Harvey Elliott (Alex Oxlade-Chamberlain 70'), Fabinho, Jordan Henderson; Mohamed Salah (Darwin Nunez 70'), Cody Gakpo (James Milner 82'), Diogo Jota (Roberto Firmino 70').

Pemain Cadangan: Kostas Tsimikas, James Milner, Joel Matip, Darwin Nunez, Alex Oxlade-Chamberlain, Roberto Firmino, Joe Gomez, Caoimhin Kelleher, Arthur.

Pelatih: Jurgen Klopp

Manchester City Liverpool Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan