BolaSkor.com - Lewat penampilan dominan, terutama di babak kedua, Manchester City membekuk Manchester United 4-1 pada derby di Stadion Etihad, Minggu (6/3) WIB. City unggul lewat dua gol Kevin De Bruyne (5 dan 28) dan Riyad Mahrez (68 dan 90). Sedangkan gol United dicetak Jadon Sancho (22).

United melakukan tiga perubahan dari tim yang bermain imbang dengan Watford. Cristiano Ronaldo tidak tampil karena cedera, sedangkan Luke Shaw, Raphael Varane, dan Edinson Cavani absen karena COVID-19. Jadon Sancho, Scott McTominay, dan Maguire kembali menjadi starter.

Di kubu City, ada enam perubahan dari tim yang berlaga di Piala FA tengah pekan lalu. Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, dan Rodri kembali menjadi starter pada laga ini.

Baca Juga:

Nostalgia - Kali Terakhir Cristiano Ronaldo Menyambangi Markas Man City

Mohon Maklum, Cristiano Ronaldo Sudah Tua

5 Pemain dengan Lawan Terberat yang Dihadapi dalam Kariernya

Saat laga berjalan kurang dari lima menit, tuan rumah sudah mampu menjebol gawang lawan. Berawal dari serangan di sisi kiri yang dirancang oleh Jack Grealish dan Silva yang melepaskan umpan silang mendatar ke depan gawang. Kevin De Bruyne yang berdiri bebas tanpa ampun menembak bola tanpa bisa dibendung David de Gea.

Selang empat menit kemudian, MU nyaris langsung menyamakan skor. Namun upaya Fred yang menerima sodoran Bruno Fernades masih bisa digagalkan kiper City, Ederson.

United terus bermain lebih agresif dalam melakukan pressing. Namun pada menit ke-18, justru City yang hampir menggandakan keunggulan. Beruntung De Gea masih bisa memblok bola sepakan De Bruyne.

Usaha United menyamakan keadaan berhasi saat pertandingan berjalan 22 menit. Lewat serangan balik cepat, Paul Pogba melepaskan umpan terobosan kepada Sancho. Lewat sepakan melengkung, Sancho berhasil mengarahkan bola ke pojok kiri gawang tanpa bisa dijangkau Ederson.

Disamakan, City menekas pedal gas lebih dalam. Hasilnya, pada menit ke-27 De Bruyne kembali membobol gawang United. Gelandang serang Belgia itu menyambar bola yang mentah dari De Gea yang membendung sepakan Foden. City unggul 2-1.

Kembali tertinggal, United mulai lebih banyak menguasai bola. Namun mereka gagal menghadirkan ancaman berarti di lini pertahanan City.

Meski United banyak menguasai bola, justru City yang nyaris menambah gol pada menit ke-40. Sayang, usaha Foden yang menerima bola dari De Bruyne masi belum tepat sasaran.

Di pengujung laga, masing-masing kubu sama-sama mendapatkan kesempatan emas. Pertama datang dari United, sayang bola sepakan Sanho masih melambung.

Selang beberapa saat, giliran City yang mengancam lewat Riyad Mahrez. Namun percobaan Mahrez masih bisa diselamatkan De Gea. Hingga turun minum, skor 2-1 untuk tuan rumah tidak berubah.

Di awal babak kedua, City mencoba melancarkan tekanan, terutama di sisi lapangan. Namun, meski menyulitkan, City masih gagal menambah gol.

Paruh kedua berjalan sepuluh menit, City mulai mendominasi penguasaan bola dan memaksa para pemain United berada di area mereka sendiri.

City memiliki peluang pada menit ke-61 lewat sepakan bebas. Namun bola sepakan De Bruyne belum menyulitkan De Gea.

Gol ketiga bagi tuan rumah akhirnya datang pada menit ke-68. Gol lahir dari sepakan voli Mahrez dari luar kotak penalti setelah menerima umpan sepakan sudut akurat dari De Bruyne. Skor berubah 3-1.

Unggul 3-1, City tidak mengendurkan serangan. Pada menit ke-73, sebuah usaha Mahrez nyaris kembali membobol gawang United. Kesigapan De Gea mampu mengagalkan upaya Mahrez.

Sepuluh menit terakhir waktu normal, City terus mendominasi permainan. Bahkan United gagal melepaskan tembakan ke gawang sepanjang babak kedua. City menutup kemenangan dengan tambahan sebuah gol dari Mahrez di pengujung laga.

Hingga laga usai, skor 4-1 untuk Manchester City tidak berubah. Dengan hasil ini, City masih menjaga jarak dari kejaran Liverpool.

City berada di puncak klasemen sementara Premier League dengan raihan 69 poin dari 28 laga. Mereka unggul enam angka dari Liverpool yang mengumpulkan 63 poin dari 27 laga.


Susunan Pemain

MANCHESTER CITY (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Kevin De Bruyne (Gundogan 80), Rodri, Jack Grealish; Riyad Mahrez, Bernardo Silva, Phil Foden

MANCHESTER UNITED (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Alex Telles; Scott McTominay, Fred; Jadon Sancho, Bruno Fernandes, Paul Pogba (Rashford 64); Anthony Elanga (Lingard 64)