BolaSkor.com - Derita Arsenal tiap kali menghadapi Manchester City berlanjut. Bermain di Etihad Stadium, Sabtu (28/8), Arsenal kalah telak 0-5 dari tuan rumah. Gol-gol City dicetak Ilkay Gundogan pada menit ketujuh, Ferran Torres (12 dan 84), Gabriel Jesus (43), dan Rodri (53).

Dengan hasil ini, Arsenal kembali gagal mengalahkan Man City daam 12 pertemuan terakhir di Premier League (dua imbang dan 10 kalah). Terakhir Arsenal menang atas City terjadi pada Desember 2015. Kala itu Arsenal menang 2-1 di Emirates.

Menghadapi Arsenal, manajer City Pep Guardiola menurunkan formasi yang sama dengan yang tampil melawan Norwich pekan lalu. Di kubu lawan, Mikel Arteta memainkan beberapa pemain yang tampil apik saat mengalahkan West Bromwich Albion di ajang Piala Liga, tengah pekan lalu.

Baca Juga:

Sol Campbell Gatal Ingin Benahi Pertahanan Arsenal

4 Alasan Manchester City Akan Memperparah Penderitaan Arsenal

Arsenal 0-2 Chelsea: Nestapa The Gunners Berlanjut

Di lini depan, Pierre-Emerick Aubameyang menjadi starter, begitu juga Martin Odegaard. Sedangkan Nicolas Pepe tidak masuk skuad karena dikabarkan sakit.

Arsenal mengawali laga dengan baik. Beberapa kali pasukan Arteta menyulitkan pertahanan Man City.

Namun, gebrakan Arsenal tidak belangsung lama. Pada menit ketujuh, City membuka keunggulan lewat Ilkay Gundogan. Pemain asal Jerman itu menanduk bola umpan Bernardo Silva.

Selang dua menit, Gundogan nyaris kembali mencetak gol. Namun kali ini bola tandukannya masih bisa dibendung Bernd Leno.

Permainan Arsenal semakin tidak jelas setelah kebobolan. Hal ini dimanfaatkan tuan rumah dengan maksimal. Pada menit ke-12, gawang Arsenal kembali bobol.

Gol City lahir dari sontekan Ferran Torres dari jarak dekat setelah menerima umpan dari Silva. City unggul 2-0.

Arsenal mencoba bangkit. Pada menit ke-19 mereka memiliki peluang memanfaatkan kesalahan kiper City Ederson. Bola sapuan Ederson diblok Smith Rowe, beruntung masih melebar dari gawang.

Dengan keunggulan dua gol, Man City semakin nyaman dalam menguasai bola. Sementara Arsenal makin sulit mengembangkan permainan.

Petaka mendatangi Arsenal pada menit ke-35 setelah Granit Xhaka mendapat kartu merah. Xhaka diusir keluar lapangan usai melakukan tekel dengan dua kaki kepada Joao Cancelo.

Saat waktu normal babak pertama tersisa dua menit, Man City mencetak gol ketiga. Bola sodoran Jack Grealish yang merangsek dari sisi kiri dilanjutkan Gabriel Jesus menjadi gol.

Skor 3-0 untuk keunggulan Man City bertahan hingga babak pertama berakhir.

Unggul pemain, City langsung menekan seketika babak kedua dimulai. Menit ke-49, City mendapatkan peluang lewat Silva. Namun sepakan Silva masih bisa diblok Leno.

City kembali membobol gawang Arsenal pada menit ke-51. Setelah mengepung pertahanan Arsenal, City mencetak gol lewat sepakan akurat dari Rodri. Bola meluncur tanpa terbendung ke pojok kiri gawang Leno.

Meski sudah mencetak empat gol, City masih tidak mengendurkan gelombang serangan mereka. Sementara Arsenal yang dalam posisi tertinggal, hanya bisa mengumpulkan pemain di area pertahanan sendiri. Memasuki menit ke-55, penguasaan bola City mencapai 90 persen.

City terus mengepung pertahanan Arsenal. Namun beberapa peluang yang didapat masih belum menghasilkan. Di sisi lain, Arsenal bisa dikatakan langka menguasai bola.

Menit ke-76, City mendapatkan peluang emas. Namun Raheem Sterling yang sudah berhadapan dengan Leno gagal memaksimalkan kesempatan yang didapatnya. Bola sontekannya masih membentur kaki Leno.

Tuan rumah menambah gol saat laga memasuki menit ke-84. Menerima umpan silang dari Riyad Mahrez, Ferran Torres mencetak gol keduanya pada laga ini.

Skor 5-0 untuk Manchester City bertahan hingga duel selesai. Dengan hasil ini, Arsenal mencatat hasil terburuk dalam sejarah mereka dengan menelan tiga kekalahan di awal kompetisi dengan kebobolan sembilan tanpa mencetak gol.


Susunan Pemain:

MANCHESTER CITY (4-3-3): Ederson; Kyle Walker (Zinchenko 46), Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Bernardo Silva (Sterling 57), Rodri, Ilkay Gundogan; Gabriel Jesus (Mahrez 60), Ferran Torres, Jack Grealish

ARSENAL (3-4-3): Bernd Leno; Calum Chambers, Rob Holding, Sead Kolasinac; Cedric Soares, Emile Smith Rowe, Granit Xhaka, Kieran Tierney; Martin Odegaard (Maitland-Niles 71), Bukayo Saka (Elneny 46), Pierre-Emerick Aubameyang (Lacazette 59)