BolaSkor.com - Manchester City mengukir sejarah di kancah sepak bola Inggris. Untuk kali pertama ada tim yang dapat menyapu bersih seluruh titel domestik. The Citizens arahan Pep Guardiola melakukannya dengan menjuarai Piala Liga, Premier League, dan Piala FA.

Bahkan jika dihitung dengan raihan Community Shield di awal musim, City telah meraih quadruple trofi lokal. Trofi teranyar, Piala FA, dimenangi Man City dengan skor 6-0 atas Watford di Wembley, Sabtu (18/5) malam WIB.

Jalannya Pertandingan

Manchester City berpeluang besar menyapu bersih seluruh titel domestik pada laga ini. Pep Guardiola menurunkan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, dan Raheem Sterling.

Tiga motor permainan City di lini tengah ditempati oleh Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, dan David Silva. Sementara Watford arahan Javi Gracia turun dengan taktik 4-2-2-2. Troy Deeney dan Gerard Deulofeu jadi andalan di lini depan.

Baca Juga:

Betah di Man City, Pep Guardiola Tepis Kabar Tangani Juventus

Prediksi Manchester City Vs Watford: Misi The Citizens Rengkuh Treble Domestik

Ulasan Strategi Unik 4-2-2-2 Ala Javi Gracia di Watford

Tidak butuh waktu lama bagi Man City mendominasi penguasaan bola dan mencetak gol di menit 26. Raheem Sterling merebut bola di lini tengah permainan dari kaki pemain Watford dan memberikannya kepada Silva. Gelandang asal Spanyol mengonversinya jadi gol. 1-0.

12 menit dari gol Silva, Man City kembali mencetak gol dan kali ini pencetak golnya adalah Sterling. Bernardo memberikan umpan terukur kepada Jesus yang dibelokkannya ke gawang Watford.

Bola sepakan Jesus sedianya sudah melewati Heurelho Gomes dan bergulir masuk ke dalam gawang. Tapi, Sterling menyambarnya hingga menjadi gol dan gol itu tercatat atas nama pemain asal Inggris. 2-0 City menjauh.

Selebrasi gol Manchester City

City menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-0 dan penguasaan bola 75 berbanding 25 persen Watford. Kendati demikian, Watford sedianya memiliki cukup peluang untuk menjebol gawang City, termasuk dari peluang Roberto Pereyra yang ditepis Ederson.

Watford sedianya lebih inisiatif menekan dan melancarkan serangan di awal babak kedua. Tapi, pertahanan City yang digalang Vincent Kompany terlalu kokoh untuk dilewati pemain-pemain ofensif Watford.

Man City menghukumnya dengan perbedaan kualitas individu di antara kedua tim. Kevin De Bruyne, yang baru masuk menggantikan Mahrez di menit 55, mencetak gol ketiga City di menit 61 melalui serangan balik cepat.

Menerima bola operan dari Jesus, De Bruyne dengan tenang mengelabui Gomes sebelum menjebol gawang Watford. Kedudukan berubah menjadi 3-0. Treble winners domestik Man City sudah di depan mata.

Selepas keunggulan jauh tersebut, City hanya mengatur tempo bermain dan menjauhkan Watford dari bola. Namun, mereka masih tetap lapar mencetak gol dan kemudian mencetak dua gol lagi yang membuat kedudukan menjadi 5-0.

Gol Gabriel Jesus

Jesus mencetak gol di menit 68 dari serangan balik ketika menerima operan De Bruyne. Striker asal Brasil mengonversi peluang itu dengan tenang menjadi gol. Kemudian gol kelima dilesakkan Sterling di menit 81.

Sterling menutup pesta gol City dengan torehan hattrick di menit 87. Menerima assist dari De Bruyne, Sterling menendang bola yang mampu ditepis Gomes, tapi bola mengenai mistar gawang, dan disambar kembali oleh Sterling.

Waktu tambahan berakhir di babak kedua dan Manchester City menang setengah lusin gol atas Watford. Perbedaan kualitas begitu terlihat di antara kedua tim.

Susunan Pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Vincent Kompany (c), Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Ilkay Gundogan (Leroy Sane 73'), David Silva (John Stones 79'); Riyad Mahrez (Kevin De Bruyne 55'), Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Pemain Cadangan: Arijanet Muric, Danilo, John Stones, Nicolas Otamendi, Kevin De Bruyne, Leroy Sane, Sergio Aguero.

Manajer: Pep Guardiola

Watford (4-2-2-2): Heurelho Gomes; Kiko Femenia, Adrian Mariappa, Craig Cathcart, Jose Holebas; Abdoulaye Doucoure, Etienne Capoue; Will Hughes (Tom Cleverley 73'), Roberto Pereyra (Isaac Success 66'); Troy Deeney (c), Gerard Deulofeu (Andre Gray 66').

Pemain Cadangan: Ben Foster, Daryl Janmaat, Adam Masina, Christian Kabasele, Tom Cleverley, Isaac Success, Andre Gray.

Manajer: Javi Gracia