BolaSkor.com - Premier League memasuki pekan terakhir. Pekan saat titel kampiun dipastikan. Manchester City dan Liverpool akan berebut gelar juara pada Minggu (12/5) malam WIB. Man City akan melakoni laga tandang di markas Brighton, sedangkan Liverpool akan menjamu Wolverhampton di Anfield.

Saat ini Man City unggul satu poin di atas Liverpool. Otomatis City kembali menjadi juara jika mereka memenangi laga terakhir nanti. Liverpool sendiri wajib menang dan berharap Man City gagal menang untuk jadi juara.

Lalu siapa yang berpeluang menjadi kampiun musim ini? Dilihat dari poin, City sedikit di atas angin. Berikut lima faktor yang patut jadi pertimbangan jelang laga.


Faktor Kandang

Di sisi ini, Liverpool lebih diuntungkan karena tampil di kandang sendiri. Sudah bukan rahasia lagi, Stadion Anfield adalah lumbung poin bagi Liverpool.

Dukungan dari suporter sebelumnya sudah terbukti membantu mereka mengalahkan Barcelona 4-0 sehingga lolos ke final Liga Champions meski di leg pertama sudah kalah 3-0.


Faktor Lawan

Man City bisa dikatakan diuntungkan karena akan menghadapi tim urutan ke-17 klasemen yang sudah lolos dari ancaman degradasi. Praktis Brighton sudah tidak memiliki kepentingan dalam laga ini. Apapun hasilnya tidak akan berpengaruh bagi mereka.

Sedangkan Liverpool akan melawan Wolverhampton, tim promosi yang punya catatan apik saat melawan tim papan atas. Saat ini Wolves yang berada di posisi ketujuh.

Head to Head

Man City memenangi empat laga terakhir melawan Brighton. Di paruh pertama City menang tipis 1-0 di Etihad.

Sementara Liverpool sempat dua kali dikalahkan Wolves dalam empat laga terakhir. Termasuk takluk 1-2 dalam putaran pertama lalu.


Kondisi Pemain

Untuk soal kondisi pemain, jelas Man City lebih bugar. Liverpool baru menjalani laga berat melawan Barcelona di semifinal Liga Champions tengah pekan kemarin.

Tidak hanya itu, Liverpool juga diganggu banyak cedera pemain. Naby Keita dipastikan absen. Roberto Firmino masih ditunggu kondisinya pasca cedera. Sedangkan Andy Robertson, Jordan Henderson, dan Mohamed Salah masih berpacu memulihkan diri dari cedera ringan.


Kondisi Mental

Tidak disangkal lagi, mental dan moral Liverpool saat ini tengah melambung. Mereka baru saja membuat keajaiban di Liga Champions. Apalagi, juara atau tidaknya Liverpool masih tergantung dengan hasil laga City.

Kegagalan di Liga CHampions membuat Man City bertekad menutup musim sebagai juara Premier League. Plus keunggulan poin membuat secara peluang mereka lebih diuntungkan.