BolaSkor.com - Manchester City menelan kekalahan kala menyambangi St Mary's Stadium, markas Southampton pada pekan 33 Premier League, Senin (06/07) dini hari WIB. The Citizens kalah dengan skor 0-1.

Satu gol Che Adams di menit 16 sudah cukup menjadi pembeda hasil akhir pertandingan. Adams mencetak gol indah dengan me-lob bola dari tengah setelah melihat pergerakan Ederson Moraes yang terlalu jauh keluar dari sarangnya.

Itu menjadi kekalahan kesembilan Man City musim ini dan menjadi yang paling banyak kedua setelah era Manuel Pellegrini pada musim 2015-16. Selain itu untuk kali pertama Pep Guardiola juga merasakan tiga kekalahan beruntun di laga tandang - sebelumnya kalah dari Manchester United dan Chelsea.

Kekalahan itu memang tidak mengubah posisi klasemen. Man City masih di urutan dua dengan raihan 66 poin dan terpaut 23 poin dengan Liverpool yang sudah menjadi juara Premier League. Kendati demikian hasil tersebut dapat menjadi bahan evaluasi Guardiola.

Baca Juga:

Hasil Laga Liga-liga Eropa: Man City dan Inter Takluk, Barcelona Menang Telak

Manchester City Kalah, Southampton Nodai Catatan Karier Kepelatihan Pep Guardiola

Pablo Moreno, Wonderkid Teranyar Manchester City Asuhan Cristiano Ronaldo

Bagaimana tidak, City mendominasi penguasaan bola sebesar 74 persen dan melepaskan 26 tendangan (enam tepat sasaran) namun uniknya tak ada gol yang tercipta ke gawang Alex McCarthy. Selain kiper Southampton tampil bagus, tim arahan Ralph Hasenhuttl juga bertahan dengan baik.

Pep Guardiola

"Musim ini di Premier League kami kalah di banyak laga - tapi tidak kurang memainkan permainan bagus," ucap Guardiola dikutip dari Goal.

"Secara garis besar, saya pikir kami telah bermain dengan sangat baik di sepanjang laga. Tapi ketika Anda punya 20 tendangan dan 10 pemain di kotak penalti Anda harus mencetak gol."

"Kami menciptakan banyak peluang tapi kami kesulitan. Dalam beberapa peluang mereka dapat mencetak gol. Kami menciptakan banyak peluang dan tak bisa mencetak gol."

Bernardo Silva, gelandang serang Man City juga bingung timnya tak dapat mencetak gol meski bermain bagus.

"Jujur saya pikir kami bermain bagus hari ini. Kami menciptakan banyak peluang tetapi tidak bisa mencetak gol. Kemudian kesalahan kecil membuat kami kesulitan," tutur Silva.

"Secara keseluruhan, saya pikir 88 menit dari 90 pertandingan ini dihabiskan di Southampton dalam setengah pertandingan. Tapi selamat untuk mereka."

"Kami tidak memainkan permainan yang buruk. Saya pikir kami memulai dengan baik di babak kedua terutama - kami memberi banyak tekanan kepada mereka - tetapi kami tidak bisa menyelesaikan peluang kami."

"Saya pikir kami perlu meningkatkan performa. Kami perlu memeriksa kesalahan yang kami buat hari ini, kesalahan kecil yang, misalnya, merugikan kami dengan gol dan beberapa peluang yang mereka miliki. Tapi secara keseluruhan, cara kami bermain, jujur saya pikir itu bagus," tukas dia.

Menurut catatan Squawka catatan percobaan 26 tendangan Man City yang tak berbuah gol kontra Southampton merupakan catatan terbanyak gol yang berakhir tanpa gol darinya.