BolaSkor.com - Eks manajer Glasgow Celtic Ronny Deila mengungkap bahwa Manchester City sejatinya bisa merekrut Virgil van Dijk pada 2015.

Sejak tiba di Celtic pada 2013, Virgil van Dijk langsung mencuri perhatian lewat permainannya yang kokoh di sentral pertahanan. Potensi besar membuat Van Dijk dipantau klub-klub Premier League.

Pada 2015, Deila mengungkap bahwa pemandu talenta sudah mengirimkan rekomendasi kepada City untuk segera menggaet Van Dijk. Namun pihak City memilih melewatkan kesempatan tersebut dan akhirnya Van Dijk bergabung dengan Southampton.

Baca Juga:

Tak Mau Van Dijk Pergi, Liverpool Sodorkan Kontrak Baru dengan Peningkatan Gaji Signifikan

Pengakuan Aguero Terkait Kualitas Virgil van Dijk

Bukan Cristiano Ronaldo, Van Dijk Sebut Lionel Messi sebagai Lawan Tersulit

City baru menyadari ketangguhan Van Dijk setelah sang pemain berkostum Southampton. Namun sekali lagi, City gagal mendapatkan sang pemain. Kali ini Van Dijk lebih memilih bergabung dengan Liverpool.

"Apakah saya menghubungi City? Iya. Saya katakan mereka harus menggaet dia. Mereka hanya berkata 'Beritahu kami pertandingan terbaik yang pernah dia mainkan di kompetisi Eropa," kenang Deila seperti dikutip Goal.

"Saya tidak bisa menjawab karena Van Dijk belum punya pertandingan yang benar-benar bagus di Eropa. Dia memang dominan di Skotlandia, tapi dia malah dapat kartu merah saat melawan Inter Milan."

"Saya pikir, jika dia main bagus di laga melawan Inter, Man City akan membelinya," lanjut Deila.

Selain itu, Deila, yang saat ini melatih New York City FC, berpendapat bahwa level Skotlandia yang dinilai terlalu rendah membuat City ragu mengeluarkan uang untuk Van Dijk, pemain yang minim pengalaman di kompetisi Eropa.

Van Dijk belakangan menjelaskan alasan dia memilih Liverpool daripada City. "Sebelum saya membuat keputusan untuk memilih Liverpool, saya melihat semua aspek klub-klub (yang memberikan penawaran): cara bermain, rekan satu tim, masa depan juga," ungkap Van Dijk kepada BT Sport.

"Kota ini, para penggemar semuanya harus menjadi bagian besar dari (alasan Van Dijk) bergabung dengan klub."

Saat ini Van Dijk menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Dia membawa Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu dan memimpin klasemen Premier League saat ini. Sedangkan City musim ini diselimuti masalah di lini belakang, terutama di posisi bek tengah.