Manchester City, Satu Laga Lagi Menuju Treble Winners Bersejarah

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 04 Juni 2023
Manchester City, Satu Laga Lagi Menuju Treble Winners Bersejarah
Pep Guardiola bawa Manchester City juara Piala FA (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester City menunjukkan status unggulan atau tim favorit pada final Piala FA 2022-2023 benar adanya. Rival sekota The Citizens, Manchester United, tak kuasa menghentikan mereka dan kalah 1-2.

Man City arahan Pep Guardiola mengejutkan Wembley dengan gol cepat Ilkay Gundogan yang tercipta kala laga baru berjalan 12 detik. Sepakan keras Gundogan dari luar kotak penalti membuat David De Gea bengong melihat bola masuk ke gawangnya.

Lalu Man United sempat menyamakan kedudukan di menit 33 dari gol penalti Bruno Fernandes, setelah Jack Grealish - melalui VAR - melakukan handball di kotak penalti. Akan tapi di babak kedua Man City kembali unggul.

Pada menit 51 Gundogan mencetak gol dengan cara yang sama, tetapi bola datang tidak cepat dan itu sudah cukup karena De Gea tidak dapat menepisnya. Man City menang 2-1 dan meraih titel Piala FA ketujuh.

Baca Juga:

Manchester City 2-1 Manchester United: City Juara Piala FA, Selangkah Menuju Treble

8 Fakta Menarik Jelang Derby Manchester di Final Piala FA

Final Piala FA: Tujuan Manchester United Bukan untuk Hentikan Treble The Citizens

Pep Guardiola menangis bersama dua pencetak gol Manchester City, Ilkay Gundogan (Twitter)

Arti dari kemenangan itu pun menjadi spesial karena mereka sudah memenangi titel Premier League. Tak ayal Man City di ambang sejarah untuk memenangi treble winners, mengikuti jejak Man United pada 1999.

Man City terpaut satu laga lagi untuk mewujudkan sejarah tersebut. Mereka akan melawan Inter Milan di final Liga Champions, Minggu (11/06) pukul 02.00 dini hari WIB, di Istanbul, Turki.

Pep Guardiola tahu persis pentingnya kemenangan atas Man United dan ia meneteskan air mata selepas laga berakhir. Pelatih asal Spanyol itu tahu potensi treble winners seperti musim ini tidak akan pernah terjadi lagi.

"Lebih dari fakta treble adalah fakta memenangkan Liga Champions. Kami sudah memenangkan Piala FA, kami memenangkan Premier League. Itu sama," tutur Guardiola dikutip dari Manchester Evening News.

"Bagi saya, saya akan mengatakan ini luar biasa dalam tiga tahun kami memiliki dua final dan satu semifinal Liga Champions. Itu luar biasa tetapi pada akhirnya kami harus memenangkannya. Saya tahu cara kerjanya."

"Kami memberikan lebih banyak kredit untuk apa yang telah kami lakukan tahun-tahun ini, kami telah melakukan banyak hal, tetapi saya berkata kepada para pemain 'Anda harus menekan diri sendiri, untuk diakui sebagai sesuatu yang baik, Anda harus memenangkan Eropa'."

"Mereka tahu apa yang kami miliki di depan. Semua orang mengatakan 'satu (laga) lagi, satu lagi'."

"Mereka merasa kami berada dalam posisi yang mungkin tidak akan pernah kami alami lagi, dan setelah kami memiliki tiga atau empat sesi latihan, untuk mempersiapkan Inter Milan. Saya memiliki dua hari untuk menonton mereka. Kemudian kami pergi ke sana untuk mencobanya."

"Semua orang tahu itu. Kami telah melakukan musim yang luar biasa - lima Premier League, dua Piala FA, Piala Liga, tetapi kami harus memenangkan Liga Champions untuk diakui seperti tim yang pantas untuk diakui. Kami harus mengakuinya, tanpa Champions League – luar biasa, menyenangkan – tapi kami kehilangan (sesuatu). Kami harus melakukannya," tegas Guardiola.

Derby Manchester Manchester City Manchester United Piala FA Guardiola Pep Guardiola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan