BolaSkor.com - Liverpool akan berkunjung ke markas Manchester City untuk jalani laga yang digadang-gadang bisa menjadi penentu peraih takhta juara Premier League. Yang menarik dari duel ini adalah kembalinya dua arsitek yang mengusung aliran serupa, Pep Guardiola dan Jurgen Klopp.

Saat ini, tak lepas dari performa buruk City pada periode Natal, Liverpool berada di puncak dengan keunggulan tujuh poin. Kemenangan Liverpool di Stadion Etihad akan membuat mereka unggul 10 poin, jumlah yang sangat sulit didekati. Sebaliknya, mengalahkan Liverpool akan menipiskan selisih sekaligus mendapatkan tambahan spirit bagi City dalam perburuan gelar.

Baca Juga:

Pemain Premier League yang Bisa Digaet Gratis Musim Depan

Statistik Dahsyat yang Bawa Liverpool ke Puncak Premier League

Pep Guardiola

Yang jadi masalah adalah, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, seperti memiliki formula mengatasi Pep Guardiola. Ya, Klopp merupakan pelatih yang paling banyak memberi kekalahan kepada Guardiola, tujuh kali dalam 15 pertemuan.

Berikut perbandingan antara Pep Guardiola dan Jurgen Klopp.


Gaya

Untuk urusan permainan, Guardiola memiliki gaya yang sudah tidak asing lagi. Penguasaan bola dan umpan-umpan yang cair sudah menjadi ciri khasnya entah itu saat bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

Guardiola menyukai permainan di mana timnya bergerak cepat, mendominasi penguasaan bola, dan tak kenal lelah saat menyerang.

Saat tanpa bola, Guardiola menuntut para pemainnya bekerja keras mengejar lawan demi secepatnya mendapatkan kembali bola.

Secara garis besar, Klopp memiliki prinsip serupa. Lewat permainan menekan garis tinggi yang dikenal dengan sebutan Gegenpress, Klopp menuntut pemainnya cepat dan tepat melakukan tekanan kepada lawan. Percaya atau tidak, Gegenpress inilah yang selama ini acap menyulitkan Guardiola.


Performa

Tiga kekalahan dari empat laga di seputar Natal membuat langkah City di jalur juara makin berat. Hasil buruk inilah yang menurunkan City dari puncak klasemen, tertinggal tujuh poin dari Liverpool, yang justru gemilang di akhir tahun.

Pasukan Klopp seperti makin dalam menginjak pedal gas di akhir tahun. Performa yang membuat The Reds mampu mempertahankan catatan tak terkalahkan hingga pekan ke-20.

Jurgen Klopp
Duel Sebelumnya

Klopp merupakan pelatih yang paling sering mengalahkan Guardiola. Dari 15 kali berduel, Klopp sudah tujuh kali menang, sedangkan Guardiola lima.

Pada pertemuan pertama Premier League musim ini, Guardiola sebenarnya sangat berpeluang memetik kemenangan saat City tandang ke Anfield. Namun, kegagalan Riyad Mahrez yang menjadi eksekutor penalti membuat City harus puas pulang dengan skor 0-0.


Trofi

Untuk trofi, Klopp memang jauh tertinggal daripada Guardiola yang membawa Barcelona, Bayern, dan City kampiun di liga masing-masing. Belum lagi dua trofi Liga Champions yang dikoleksinya. Sedangkan lemari Klopp baru berisi dua trofi Bundesliga.