BolaSkor.com - Manchester City dan Tottenham Hotspur akan bertarung untuk menjadi klub Inggris pertama yang meraih trofi bergengsi pada musim ini. Kedua tim dijadwalkan melakoni final Piala Liga 2020-2021.

Laga kedua tim akan berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (25/4) pukul 22.30 WIB. Manchester City akan coba merebut trofi Piala Liga untuk yang keempat kali secara beruntun.

The Citizens memang layak menjadi unggulan. Selain berstatus juara bertahan, Manchester City juga tampil lebih konsisten sepanjang musim ini.

Baca Juga:

Final Piala Liga: Tottenham Masih Tunggu Harry Kane

Skuad Terakhir Tottenham kala Memenangi Piala Liga dan Nasibnya Saat Ini

7 Fakta Menarik Keberhasilan Manchester City Melaju ke Final Piala Liga

Manchester City vs Tottenham Hotspur

Hal itu terlihat dari klasemen Premier League. Manchester City unggul 24 poin dari Tottenham.

Apalagi kondisi Tottenham juga tengah bergejolak. The Lilywhites memecat Jose Mourinho dari kursi manajer kurang dari sepekan sebelum laga final.

Namun Tottenham punya potensi membuat kejutan di bawah asuhan Ryan Mason selaku Caretaker. Dalam laga final, kekuatan mental lebih menentukan ketimbang performa tim dalam beberapa waktu terakhir.

Kabar Tim

Kedua tim sama-sama terancam tak bisa memainkan sejumlah pemain kuncinya karena cedera. Namun para pemain pelapis siap mengambil tanggung jawab tersebut.

Manchester City masih menunggu kondisi terakhir Kevin De Bruyne dan Sergio Aguero. Kedua pemain baru kembali berlatih.

Sementara itu, Tottenham terancam tampil tanpa Harry Kane. Sang kapten masih tidak mengikuti latihan sehari jelang laga karena masih berkutat dengan cedera pergelangan kaki.

Komentar Manajer

Pep Guardiola memprediksi laga akan berlangsung sengit. Ia enggan meremehkan Tottenham yang baru berganti manajer.

Sebaliknya, hal ini justru bisa menimbulkan masalah baru. Ia masih belum terlalu paham dengan gaya main Tottenham yang sekarang.

“Tottenham punya manajer baru dan kami sudah menyaksikan pertandingan mereka kontra Southampton. Namun ini hanya satu pertandingan, jadi kami tidak tahu pola permainannya,” kata Guardiola di situs resmi klub.

Di sisi seberang, Ryan Mason yang berstatus caretaker Tottenham tak mau kalah sebelum bertanding. Ia mengabaikan perbedaan poin yang cukup besar antara kedua tim Premier League.

Di Premier League, mereka mungkin akan juara dan juga berada di fase akhir Liga Champions. Namun performa tersebut tak terlalu berpengaruh di final piala Liga," kata Mason.

"Ini tentang satu pertandingan final. Mereka tim yang hebat dengan pemain-pemain hebat tapi jangan lupa, kami tim yang hebat dengan pemain-pemain hebat juga."

Head to Head

Laga di Stadion Wembley akan menjadi kali ketiga kedua tim bertemu dalam partai puncak sebuah turnamen. Dua sebelumnya terjadi di final Piala FA 1980-1981.

Secara keseluruhan, Manchester City sedikit lebih unggul dalam rekor pertemuan. Manchester Biru mengemas 65 kemenangan dan 63 kekalahan dari Totttenham serta 36 sisanya berakhir imbang.

Lima pertemuan terakhir kedua tim:
14-02-2021 City 3-0 Tottenham (Premier League)
22-11-2020 Tottenham 2-0 City (Premier League)
02-02-2020 Tottenham 2-0 City (Premier League)
17-08-2019 City 2-2 Tottenham (Premier League)
20-04-2019 City 1-0 Tottenham (Premier League)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Oleksandr Zinchenko, Ruben Dias, John Stones, Kyle Walker; Fernandinho, Ilkay Gundogan, Bernardo Silva; Phil Foden, Riyad Mahrez, Gabriel Jesus.

Manajer: Pep Guardiola

Tottenham Hotspur probable XI (4-2-3-1): Hugo Lloris; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Joe Rodon, Sergio Reguilon; Pierre-Emile Hojbjerg, Harry Winks; Dele Alli, Son Heung-Min, Gareth Bale; Lucas Moura.

Manajer: Ryan Mason.

Prediksi BolaSkor.com: Manchester City 2-1 Tottenham Hotspur