Manchester United 3-1 Fulham: Kontroversi Handball Berujung Tiga Kartu Merah

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 20 Maret 2023
Manchester United 3-1 Fulham: Kontroversi Handball Berujung Tiga Kartu Merah
Insiden handball Willian yang berujung penalti dan tiga kartu merah. (Twitter)

BolaSkor.com - Laga Manchester United kontra Fulham pada perempat final Piala FA 2022-2023 diwarnai kontroversi. Sebuah insiden handball membuat wasit mengeluarkan tiga kartu merah sekaligus.

Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Minggu (19/3), Manchester United mengalahkan Fulham dengan skor 3-1. Hasil ini memastikan langkah Setan Merah ke semifinal.

Namun kemenangan ini tidak diraih dengan mudah. Fulham memberi perlawanan sengit bahkan mampu unggul lebih dulu.

Baca Juga:

Manchester United Tembus Semifinal, Erik Ten Hag Janji Raih Trofi Lagi

Manchester United 3-1 Fulham: Red Devils Capai Semifinal Piala FA

Gagal Gabung Everton, Mohammed Kudus Juga Respons Rumor Ketertarikan Man United

Aleksandar Mitrovic membawa Fulham memimpin lewat sontekannya pada menit ke-50. Kondisi ini membuat Manchester United berada di bawah tekanan.

Namun situasi berbalik pada menit ke-70. Akselerasi Jadon Sancho yang diakhiri sebuah sepakan mampu dihalau Willian di garis gawang.

Namun setelah mengecek VAR, Willian dianggap melakukannya dengan tangan yang aktif. Wasit Chris Kavanagh menunjuk titik putih dan memberikan kartu merah langsung kepada winger berkebangsaan Brasil tersebut.

Keputusan wasit tersebut diprotes dengan keras oleh Mitrovic bahkan sampai mendorong. Kavanagh tanpa ragu langsung memberikan kartu merah juga kepada yang bersangkutan.

Sebelum memberikan kartu merah kepada Willian dan Mitrovic, Kavanagh lebih dulu mengusir Marco Silva dari pinggir lapangan. Juru taktik Fulham itu tampaknya dianggap melakukan protes berlebihan saat wasit mengecek VAR.

Insiden ini menjadi titik balik kebangkitan Manchester United. Bruno Fernandes yang maju sebagai eksekutor penalti sukses menjalankan tugasnya untuk membuat kedudukan seimbang pada menit ke-75.

Dua menit berselang, Manchester United mampu membalikkan kedudukan. Marcel Sabitzer mencetak gol aneh usai menerima umpan dari Luke Shaw.

Bruno Fernandes menyempurnakan kemenangan Manchester United pada masa injury time. Skor 3-1 menutup laga ini.

Marco Silva tak terima dengan kekalahan tim asuhannya. Ia merasa wasit harus bertanggung jawab karena membuat keputusan keliru termasuk memberinya kartu merah.

“Sampai (momen) kartu merah, jelas kami adalah tim terbaik di lapangan.

Jika Anda bertanya kepada saya apakah saya melakukan sesuatu yang membuat saya senang, tentu saja tidak," kata Silva kepada ITV.

"Saya memiliki keraguan besar (atas kartu merah saya). Saya ingin tahu apa yang akan ditulis wasit dalam laporannya."

Sebelum insiden tersebut, Fulham memang mampu meredam permainan Manchester United. Klub asal London itu juga semakin percaya diri karena unggul lebih dulu.

Di sisi lain, Erik ten Hag enggan membahas insiden tiga kartu merah Fulham. Namun ia yakin keputusan wasit terkait handball dan penalti sudah tepat.

"Handball di dalam kotak adalah penalti yang jelas, tetapi bukan hak saya untuk mengomentari mereka. Saya hanya ingin berbicara tentang Manchester United," kata Ten Hag.

“Tim ini memiliki karakter yang hebat. Kami sehat secara mental dan fisik, dan saya senang dengan kemajuan kami sebagai sebuah tim.”

Manchester United Fulham Piala FA Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan