Manchester United Laporkan Media Inggris atas Penyerangan Rumah Ed Woodward

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 08 Februari 2020
Manchester United Laporkan Media Inggris atas Penyerangan Rumah Ed Woodward
Ed Woodward (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United mengambil sikap tegas kepada salah satu media Inggris atas penyerangan rumah CEO Man United, Ed Woodward, beberapa waktu lalu. Media itu adalah The Sun. Menurut Red Devils, The Sun telah mendapatkan informasi sebelum penyerangan terjadi.

Pada 28 Januari 2020 lalu rumah Woodward mendapatkan serangan dari oknum fans Man United. Selain melemparkan flare ke rumah, mereka juga mencoret tembok gerbang depan rumah Woodward dan meninggalkan pesan mengancam kepadanya.

Oknum tersebut disinyalir kecewa atas melempemnya transfer Man United dengan rekrutan-rekrutan yang tidak memberi kontribusi besar. Plus, performa tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer musim ini tidak inkonsisten seperti halnya musim lalu.

Man United menilai Sun telah menempatkan jurnalis dan fotografer, yang diduga telah mengetahui informasi serangan tersebut, di rumah Woodward. Mereka mengambil sikap tegas melaporkan Sun kepada Ipso atau Dewan Pengawas Media.

Baca Juga:

Manchester United Terancam Hadapi Krisis Finansial jika Gagal Lolos ke Liga Champions

Manchester United Disarankan Rekrut Edinson Cavani

Rooney Reuni dengan Manchester United pada Putaran Lima Piala FA

Oknum fans yang menyerang rumah Ed Woodward

"Manchester United telah mengajukan keluhan resmi kepada Independent Press Standards Organization (Ipso) mengenai surat kabar Sun dan liputannya tentang serangan terhadap rumah Wakil Ketua Eksekutif Ed Woodward," demikian pernyataan resmi United.

"Keluhan tersebut berkaitan dengan cerita ‘Ed Devils: Penggemar Man Utd melempar suar ke rumah Ed Woodward dalam adegan yang mengejutkan ketika protes anti-direksi terus meningkat 'dibawa secara online dan di halaman belakang edisi cetak tertanggal 29 Januari 2020."

“Klub percaya bahwa Sun telah menerima pemberitahuan sebelumnya tentang serangan yang dimaksud, yang mencakup kerusakan kriminal dan niat untuk mengintimidasi, dan bahwa jurnalis hadir saat itu terjadi. Kualitas gambar yang menyertai cerita menunjukkan bahwa seorang fotografer juga hadir."

"Wartawan tidak hanya gagal melaksanakan tugas pokok dari anggota masyarakat yang bertanggung jawab untuk melaporkan kejahatan yang akan terjadi dan mencegah potensi bahaya dan kerusakan kriminal; Kehadirannya mendorong dan memberi penghargaan kepada para pelaku. Kami percaya ini adalah pelanggaran yang jelas terhadap kode editor Ipso dan etika jurnalistik."

"Keputusan untuk mengajukan keluhan resmi kepada Ipso tidak dianggap enteng. Kami akan menunggu keputusannya dengan penuh minat sebagai ujian penting dari sistem pengaturan diri untuk surat kabar dan kemampuannya untuk menegakkan standar etika dalam pers."

Ed Woodward

Juru bicara The Sun, dikutip dari Guardian, akan mengikuti prosedur pemeriksaan Ipso secara kooperatif. Namun, jubir itu juga menegaskan bahwa Sun tidak menempatkan fotografer dan jurnalis di rumah Woodward sebelum serangan terjadi.

“Kami telah diberi tahu malam ini tentang pengaduan ke IPSO oleh Manchester United. Sun mengutuk sepenuhnya serangan terhadap rumah Woodward dan senang bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan polisi," tutur jubir Sun.

"Namun The Sun, seperti semua surat kabar, dengan giat mempertahankan haknya untuk melapor. Menyusul informasi bahwa akan ada protes yang dihadiri seorang reporter Sun. The Sun secara akurat melaporkan peristiwa yang terjadi."

"Tidak pernah ada waktu bagi wartawan kami untuk mengetahui apa yang akan terjadi atau menghasutnya atau mendorong kegiatan kriminal apa pun. Artikel itu menjelaskan bahwa perilaku itu kriminal dan tidak dapat diterima. The Sun mendukung sepenuh hati Kode Etik Editor dan akan membela pengaduan ke IPSO," pungkasnya.

Breaking News Manchester United Ed Woodward
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan