Manchester United yang Kian Akrab dengan Bantuan VAR

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 17 Juli 2020
Manchester United yang Kian Akrab dengan Bantuan VAR
Crystal Palace vs Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Status Manchester United sebagai anak emas Video Assistant Referee (VAR) berlanjut. Teknologi yang bertujuan membantu tugas wasit kembali terlihat membantu Setan Merah.

Momen itu terjadi saat Manchester United bertandang ke markas Crystal Palace dalam lanjutan Premier League 2019-2020, Jumat (17/7) dini hari wib. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer menutup laga dengan skor 2-0.

VAR memang tidak membuat Manchester United dihadiahi penalti kontroversial seperti pada laga kontra Aston Villa, pekan lalu. Namun satu gol Crystal Palace dianulir dan mempengaruhi jalannya pertandingan.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan Liga-liga Eropa: Manchester United Bangkit, Inter Milan Berpesta Gol

Catatan Statistik Menarik di Balik 400 Penampilan David De Gea bersama Manchester United

5 Rekrutan Terbaik Manchester United dalam Satu Dekade Terakhir

Wilfried Zaha meminta penalti karena merasa dilanggar di kotak terlarang

Manchester United unggul lebih dulu dalam pertandingan ini lewat gol indah Marcus Rashford jelang babak pertama berakhir. Meski begitu, Crystal Palace sebenarnya mampu memberikan perlawanan yang seimbang.

Crystal Palace bahkan mampu membobol gawang David De Gea ketika babak kedua berjalan sepuluh menit melalui sontekan Jordan Ayew. Namun gol ini dianulir melalui VAR.

Ayew dianggap berada dalam posisi offside saat menerima umpan Wilfried Zaha. Jika dilihat dari tayangan lambat, keputusan ini bisa diperdebatkan karena tipisnya jarak antara sang penyerang dengan bek terakhir Manchester United.

Crystal Palace juga sempat meminta dihadiahi penalti setelah Zaha dijatuhkan di kotak terlarang. Namun VAR juga tak menganggap hal itu sebagai sebuah pelanggaran.

Manchester United akhirnya bisa mengunci kemenangan lewat gol Anthony Martial pada menit ke-78. Rival sekota Manchester Cityu itu pun berhasil menjaga peluang untuk finis di empat besar.

Momen-momen seperti inilah yang membuat Manchester United dianggap sebagai anak emas VAR. Sepanjang musim ini, Paul Pogba dan kawan-kawan sudah sangat sering tertolong teknologi ini.

Jika melihat catatan Opta, VAR sudah menganulir tujuh gol ke gawang Manchester United sepanjang musim ini. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di antara klub Premier League lainnya.

Marcus Rashford tak nyaman dengan tuduhan Manchester United diuntungkan VAR. Menurutnya, ada kalanya mereka juga menjadi pihak yang dirugikan.

"Dengan VAR, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi. Kadang-kadang hal ini menyulitkan kedua tim (yang bertanding)," kata Rashford kepada BT Sport.

Manchester United tentu tak perlu terlalu memikirkan polemik ini. Kontroversi yang terus terjadi justru menyudutkan sang pengadil dan operator Premier League.

Premier League sempat mengakui hadiah penalti Manchester United pada laga kontra Aston Villa sebagai keputusan keliru. Hal ini membuat petugas VAR dan wasit di lapangan bekerja di bawah tekanan terlebih kompetisi memasuki fase krusial.

Manchester United Premier League VAR Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan