Mandalika Diminta Siapkan Simulasi Protokol Keamanan Sebelum Gelar MotoGP

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 13 November 2020
Mandalika Diminta Siapkan Simulasi Protokol Keamanan Sebelum Gelar MotoGP
Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

BolaSkor.com - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, meminta Mandalika menyiapkan protokol kesehatan dan keamanan. Hal itu berkaitan dengan persiapan penyelenggaran MotoGP 2021.

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika masuk kalender sementara MotoGP 2021. Namun, balapan di Indonesia sekadar menjadi seri cadangan.

Meski demikian, bukan berarti pihak penyelenggara bisa bersantai. Pasalnya, itu berarti Sirkuit Mandalika harus siap kapan pun diminta menggelar balapan.

Baca Juga:

Marquez Bandel soal Cedera, Rossi Sampai Dibuat Kesal

Valentino Rossi Positif Virus Corona Lagi

Oleh sebab itu, Luhut meminta Mandalika masuk ke dalam daerah ekonomi spesial. Situasi tersebut agar mereka menggelar simulasi protokol kesehatan dan keamanan.

"Kebijakan tersebut bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan. Kita semua menjadi sadar apa yang bisa terjadi dan risiko dapat dikalkulasi," kata Luhut.

Selain Mandalika, sejumlah daerah akan masuk ke dalam daerah ekonomi spesial. Termasuk di antaranya adalah Labuan Bajo yang menjadi kolaborasi 23 institusi.

Luhut menilai kebijakan serupa akan diimplementasikan ke tempat-tempat wisata lainnya. Terutama daerah yang rawan akan bencana alam.

Mengenai Mandalika, permintaan tersebut disebabkan sirkuit MotoGP yang berada di jalan raya. Hasilnya, daerah itu berpeluang menjadi tujuan turis.

Breaking News Mandalika Motogp
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan