BolaSkor.com - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, meminta Mandalika menyiapkan protokol kesehatan dan keamanan. Hal itu berkaitan dengan persiapan penyelenggaran MotoGP 2021.

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika masuk kalender sementara MotoGP 2021. Namun, balapan di Indonesia sekadar menjadi seri cadangan.

Meski demikian, bukan berarti pihak penyelenggara bisa bersantai. Pasalnya, itu berarti Sirkuit Mandalika harus siap kapan pun diminta menggelar balapan.

Baca Juga:

Marquez Bandel soal Cedera, Rossi Sampai Dibuat Kesal

Valentino Rossi Positif Virus Corona Lagi

Oleh sebab itu, Luhut meminta Mandalika masuk ke dalam daerah ekonomi spesial. Situasi tersebut agar mereka menggelar simulasi protokol kesehatan dan keamanan.

"Kebijakan tersebut bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan. Kita semua menjadi sadar apa yang bisa terjadi dan risiko dapat dikalkulasi," kata Luhut.

Selain Mandalika, sejumlah daerah akan masuk ke dalam daerah ekonomi spesial. Termasuk di antaranya adalah Labuan Bajo yang menjadi kolaborasi 23 institusi.

Luhut menilai kebijakan serupa akan diimplementasikan ke tempat-tempat wisata lainnya. Terutama daerah yang rawan akan bencana alam.

Mengenai Mandalika, permintaan tersebut disebabkan sirkuit MotoGP yang berada di jalan raya. Hasilnya, daerah itu berpeluang menjadi tujuan turis.