BolaSkor.com - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dr Abdul Gafur Tengku Idris, meninggal dunia pada Jumat (4/9). Abdul meninggal dunia pada usia 81 tahun akibat terpapar virus corona.

Lahir di Maluku Utara pada 20 Juni 1939, Abdul Gafur merupakan Menpora era Presiden Soeharto. Beliau menjabat pada periode 1983 hingga 1988.

Sebelum diangkat menjadi Menpora, Abdul Gafur menjabat sebagai Menteri Muda Urusan Pemuda pada 1978 sampai 1983. Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Baca Juga:

Menpora Pastikan Venue Haornas 2020 Sesuai Standar Protokol Kesehatan

Atlet Pelatnas Boleh Tampil di PON dan SEA Games 2021

Abdul Gafur meninggal dunia di Rumah Sakit Gatot Soebroto pukul 6.30 WIB. Meninggalnya Abdul dikonfirmasi pihak Kemenpora melalui Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto.

"Betul (Abdul meninggal). Kami baru tahu di grup internal sekitar pukul 8.00 WIB. Kemenpora turut berduka cita meski belum tahu sakit apa," ujar Gatot.

"Kemenpora sangat berduka cita dan terkejut. Beliau dikaruniai usia yang cukup panjang. Meski sakit, tidak mengurangi untuk beraktivitas."

"Beliau adalah salah satu tokoh nasional. Terlebih lagi, khususnya beliau adalah mantan Menpora," ujar Gatot seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, Agung Laksono mengungkapkan Abdul meninggal dunia akibat terpapar virus corona, "memang karena sakit, karena terkena virus corona."