BolaSkor.com - Kabar duka kembali menghampiri sepak bola Indonesia. Mantan pelatih Timnas Indonesia, Henk Wullems meninggal dunia. Informasi ini didapat setelah mantan klub yang pernah dilatihnya, AZ Alkmaar mengumumkannya kewat laman resmi klub.

Kabarnya pelatih asal Belanda tersebut meninggal pada Sabtu (15/8). Henk Wullems meninggal dunia di usia 84 tahun, ia meninggal dunia setelah menderita stroke dalam beberapa tahun terakhir dan akan dimakamkan pada Sabtu (22/8) depan, di Tilburg, Belanda.

"Mantan pelatih AZ Henk Wullems meninggal dunia Sabtu (15/8) lalu dalam usia 84 tahun. Wullems bekerja di AZ antara tahun 1990 dan 1993. AZ berharap semua kerabat dan pemangku kepentingan diberikan banyak kekuatan dengan kehilangan ini," tulis AZ Alkmaar.

Baca Juga:

Ernando Ari Sutaryadi Harus Absen Ikuti TC Lanjutan Timnas Indonesia U-19 karena Cedera Bahu

Wawancara Eksklusif Charis Yulianto: Sosok Mario Gomez, Arema, hingga Pesan untuk Bibit Timnas Indonesia

Karier Henk Wullems memang terbilang cukup bersinar ketika menangani beberapa klub di Belanda. Tahun 1995 Henk Wullems mencoba peruntungannya di Indonesia ketika menangani Bandung Raya dan berhasil membawa tim tersebut meraih gelar juara.

Henk Wullems pun dipercaya untuk menangani Timnas Indonesia pada gelaran SEA Games 1997. Ketika itu, Henk Wullems mendapatkan kepercayaan besar untuk bisa meraih medali emas, tapi nyatanya ia hanya mampu berhasil meraih medali perak pada SEA Games tersebut.

Lepas dari Timnas Indonesia, tangan dingin pria kelahiran 21 Januari 1936 ini kembali membuahkan hasil. Mejabat direktur teknik PSM Makassar pada 1999 sampai 2000, Henk Wullems memiliki peran besar ketika memberikan gelar juara untuk PSM Makassar pada tahun 2000.

Setelah dari dua tim tersebut, Henk Wullems melatih Arema FC, pada tahun 2002 dan terakhir kariernya di Indonesia ditutup ketika melatih Persegi Bali FC, pada tahun 2007. Klub tersebut juga menjadi labuan terakhir Henk Wullems dalam melatih.

Salah satu mantan pemain Henk Wullems, Kurniawan Dwi Yulianto mengaku sedih dengan kepergian dari mantan pelatihnya tersebut. Kurniawan yang kini melatih Sabah FA ini pernah tiga kali bekerja sama dengan Henk Wullems ketika bermain untuk Timnas Indonesia, Pelita Jaya, dan PSM Makassar.

"Banyak hal positif yang kau ajarkan kepada kami?, juara bersama PSM dan runner-up bersama Timnas Indonesia SEA Games 1997 mejadi momen indah yang tak bisa terlupakan. Bersama kita kerja sama dan banyak kenangan indah yang tak bisa terlupakan. Terima kasih banyak atas ilmunya, Selamat jalan Mr Henk Wullems," ujar Kurniawan.