Mantan Penyidik UEFA Yakin Manchester City Tak Bisa Berkelit Lagi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 07 Februari 2023
Mantan Penyidik UEFA Yakin Manchester City Tak Bisa Berkelit Lagi
Manchester City (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester City diprediksi tidak akan mampu berkelit dari dakwaan hukum yang diberikan Premier League terkait pelanggaran laporan keuangan. Hal itu merupakan pandangan mantan kepala investigasi UEFA, Yves Leterme.

Seperti diberitakan sebelumnya, Premier League menemukan lebih dari 100 pelanggaran yang dilakukan Manchester City terkait Financial Fair Play (FFP) dalam periode 2009 hingga 2018. The Citizens dituduh memberikan laporan keuangan yang tak akurat selama sembilan musim.

Beberapa hal yang disoroti adalah terkait pendapatan, remunerasi manajer dan pemain, serta aturan terkait profitabilitas. Tuduhan serupa pernah membuat UEFA memberikan hukuman berat kepada Manchester City pada 2020 silam.

Baca Juga:

Terjerat Kasus, Manchester City Terancam Ditinggal Pep Guardiola

Mantan Agen Yaya Toure Respons Kasus Hukum Manchester City

Bos LaLiga Sindir Dakwaan Premier League kepada Manchester City

Ketika itu, UEFA menjatuhkan hukuman larangan tampil di kompetisi Eropa selama dua musim. Namun Manchester City berhasil berkelit lewat jalur banding di Pengadilan Arbitrase olahraga (CAS).

Leterme merupakan pemimpin investigasi UEFA yang berbuah hukuman berat untuk Manchester City. Namun ia sangat terpukul usai banding rival sekota Manchester United tersebut diterima oleh CAS.

Leterme sangat yakin laporan keuangan Manchester City bermasalah. Maka dari itu ia percaya Premier League akan memenangi kasus ini karena klub milik Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan tersebut tidak bisa melakukan banding lagi ke CAS.

"Ada arus informasi keuangan yang tidak transparan. Dengan sejumlah pengacara, mereka (Man City) melakukan apa saja untuk melawan pekerjaan auditor kami," kata Leterme dilansir dari Daily Mail.

"Selain itu, ternyata uang dari sponsorship benar-benar dibayar oleh pemiliknya. Berkat email dan laporan bank, kami memiliki bukti kuat dan saya yakin bahwa penipuan telah dilakukan oleh Manchester City."

Kasus ini ditangani Komisi Independen. Nantinya, badan tersebut yang berhak memutuskan nasib Manchester City.

Sejumlah hukuman berat sudah menanti Manchester City andai terbukti bersalah. Pengurangan poin hingga didepak dari Premier League menjadi beberapa ancamannya.

Manchester City Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan