Mantan Wasit FIFA Bicara Tentang Kontroversi di Laga Inggris Vs Denmark

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 09 Juli 2021
Mantan Wasit FIFA Bicara Tentang Kontroversi di Laga Inggris Vs Denmark
Kepemimpinan wasit Danny Makkelie jadi sorotan dalam laga Inggris vs Denmark. (Twitter)

BolaSkor.com - Kemenangan Timnas Inggris atas Denmark pada semifinal Piala Eropa 2020 diwarnai sejumlah kontroversi. Hal ini membuat Urs Meier selaku mantan wasit elite FIFA angkat suara.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, Kamis (8/7) dini hari WIB, Inggris mengalahkan Denmark dengan skor 2-1. Namun The Three Lions dipaksa bertarung hingga perpanjangan waktu.

Kontroversi terjadi dalam proses gol kemenangan Inggris yang dicetak Harry Kane. Setidaknya ada dua insiden yang membuat keputusan wasit dipertanyakan.

Baca Juga:

Sinar Laser dan Bola Kedua dalam Kontroversi Kemenangan Inggris

Aroma Persaingan Serie A Vs Premier League di Final Piala Eropa 2020

Kontroversi Penalti Inggris, Martin Braithwaite: Tak Ada Keadilan

Insiden jatuhnya Sterling yang berujung penalti.

Pertama, tentu keputusan wasit Danny Makkelie memberikan penalti kepada Inggris. Benturan antara Raheem Sterling dan Joakim Maehle dianggap banyak pihak terlalu ringan.

Anehnya, sang pengadil tidak melihat tayangan ulang insiden tersebut. Wasit hanya berdiskusi dengan petugas VAR dan tidak mengubah keputusannya.

Seperti kebanyakan orang, Meier juga mempertanyakan keputusan wasit. Ia menilai insiden tersebut tidak semestinya berbuah penalti.

"Apa yang bisa Anda katakan tentang itu? Sterling mencari kontak, itu jelas (sentuhan) terlalu kecil untuk penalti," kata Meier kepada Goal.

"Pada saat itu saya pikir mungkin ada kontak, yang saya lewatkan dalam kecepatan sebenarnya, tetapi kemudian gerakan lambat mengkonfirmasi kesan pertama saya. Tidak ada yang seharusnya terjadi dan menjadi penalti."

Meier juga menyentil kinerja petugas VAR dalam insiden tersebut. Pria berkebangsaan Swiss itu menilai harusnya wasit diperintahkan untuk melihat tayangan ulang secara langsung.

"Wasit mungkin menafsirkan satu langkah bek Denmark itu sebagai tendangan kaki. Namun demikian, saya berharap VAR mengoreksi keputusan itu," tambahnya.

Insiden Dua Bola

Beberapa detik sebelum insiden penalti, ada satu kontroversi lain yang terjadi. Hal yang dimaksud adalah adanya dua bola di lapangan.

Momen itu terjadi saat Sterling mendribel bola ke kotak penalti Denmark. Tak jauh dari situ terlihat ada bola lain yang entah bagaimana bisa berada di sana.

Namun Meier kali ini mendukung keputusan wasit yang tidak menghentikan pertandingan. Menurutnya, bola kedua tersebut memang tidak mengganggu jalannya laga.

"Makkelie bisa membuat hidup lebih mudah untuk dirinya sendiri jika dia meniup peluit dan idak ada yang akan mengkritik itu. Namun Saya pribadi tidak akan melakukannya," kata Meier lagi.

"Saya pribadi tidak berpikir Anda harus terus-menerus menghentikan permainan karena bola kedua selama itu tidak mengganggu. Menurut pendapat saya, semua pemain saat itu hanya fokus pada bola yang benar."

Meski diwarnai kontroversi, kemenangan Inggris tentu tidak bisa dibatalkan. Tim asuhan Gareth Southgate akan tetap menantang Italia di laga final pada akhir pekan ini.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Piala Eropa 2020 Timnas Inggris Timnas denmark Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan