Marc Marquez dan Pembalap MotoGP Bakal Berparade Bersama Jokowi

Andhika PutraAndhika Putra - Rabu, 16 Maret 2022
Marc Marquez dan Pembalap MotoGP Bakal Berparade Bersama Jokowi

BolaSkor.com - Rangkaian MotoGP Mandalika 2022 tak hanyaakan ramai di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masyarakat Ibu Kota, juga memiliki kesempatan melihat dan berjumpa dengan pembalap MotoGP dalam sebuah parade yang dilaksanakan Rabu, (16/3).

Ya, sebelum bertarung di Sirkuit Mandalika, semua pembalapyang mengikuti seri Pertamina Grand Prix of Indonesia itudijadwalkan mengukuti parade di Jakarta. Parade bakalberlangsung di area Istana Negara, Jakarta, bersama PresidenJokowi. Marc Marquez turut ambil bagian dalam parade ini.

Selain The Baby Alien, panggilan Marc Marquez, pembalap lain yang notabene binaan Red Bull juga ambil bagian. Saat ini, MotoGP, Moto2, dan Moto3 memang didominasi pembalapproduk minuman berenergi nomor 1 di dunia asal Austria tersebut.

Dorna selaku penyelenggara MotoGP dalam pernyataanresminya menjelaskan, parade itu bakal dipimpin langsungPresiden Joko Widodo.

"25 tahun telah berlalu sejak kali terakhir MotoGP dalam semuakejayaannya menggelar balapan di Indonesia. Untuk menandaimomen yang ditunggu-tunggu, penyelenggara mengadakanpertunjukan yang tidak akan pernah dilupakan oleh masyarakatJakarta. Para pembalap MotoGP, Moto2, Moto3 dan IATC akanturun ke jalanan di pusat Jakarta. Pemimpin parade, tidak lain adalah Presiden Indonesia (Joko Widodo) sendiri," tulis Dornadalam keterangan resminya.

Berikut profil pembalap Moto GP peserta parade yang dipimpin Jokowi.

1 Marc Marquez

Siapa yang tidak kenal dengan juara dunia MotoGP satu ini. Di usia muda, pembalap berpaspor Spanyol ini sudah menggebrakdengan menjadi juara dunia di musim debutnya di ajang GP 125. Di kelas Moto2, dia juga mengkoleksi 1 juara dunia.

Baru pada 2013, pembalap yang tergabung sebagai Red Bull Athletes itu menjadi juara dunia MotoGP dengan mengemas 328 poin. Hingga 2022, pembalap berjuluk The Baby Alien itumenjadi salah satu pembalap tersukses dengan raihan 6 gelarjuara dunia MotoGP dengan 59 kemenangan dan 99 podium.

2 Pol Espargaro

Rekan setim Marquez di Repsol Honda juga akan berparade di Jakarta. Sebelum hijrah ke tim pabrikan Jepang, Pol sempatmembela Red Bull KTM Racing.

Lama berkarir di tim Red Bull KTM, pembalap kelahiranSpanyol ini berharap akan menorehkan poin maksimal di musim2022 bersama Honda. Terbukti Ia berhasil meraih pole position di sirkuit Silverstone dan berhasil naik podium di sirkuitMisano.

3 Brad Binder

Brad Binder menjadi kuda hitam di MotoGP dalam dua musimterakhir. Rider asal Afrika Selatan yang tergabung dalam timRed Bull KTM Racing ini bahkan sudah mencicipi naik podium.

Musim 2021, Binder berhasil meraih posisi 6 klasemen, yang membuatnya percaya diri akan meraih poin maksimal di 2022 nanti.

4 Miguel Oliveira

Pembalap tim Red Bull KTM Racing ini membuat kesan besardi MotoGP, setelah mencapai serangkaian hasil yang mengesankan di Moto2.

Di MitoGO, podium juga sudah dipersembahkan Oliveira saatmasih berada di KTM Tech 3 dan juga ketika pindah ke timpabrikan.

5 Raul Fernandez

Debut Raul pada MotoGP musim ini terbilang unik. Pasalnyapembalap asal Spanyol itu dipertemukan kembali denganrekannya saat berada di Moto2, Remy Gardner, dalam tim Red Bull KTM Tech3.

Saat berada di Moto2, Raul dan Remy berada di bawah satubendera yang sama, yakni Red Bull KTM Ajo. Keduanyamampu menjadi pembalap paling dominan saat itu.

Jika dilihat dari statistik, Raul berhasil meraih total 12 podium, 8 kemenangan, dan 7 pole position. Sementara Remy mampumengoleksi 12 podium, 5 kemenangan, dan 3 pole position.

Meskipun keduanya berstatus sebagai rekan, Raul dan Remy sering terlibat persaingan sengit dalam memperebutkan gelarjuara Moto2 2021. Sayangnya Raul gagal mengunci gelartersebut. Raul harus mengakui kehebatan satu timnya.

6 Remy Gardner

Peraih gelar juara Moto2 2021 ini akan menjalani debutnya di kelas premier bersama KTM Tech3. Uniknya pada balapannanti, Remy tidak dipasangkan dengan pembalap senior layaknya rookie lainnya. Pembalap asal Australia ini justruditandemkan dengan pembalap rookie lain, yakni Raul Fernandez.

Kendati demikian, banyak pihak yang percaya Remy dapatberbicara banyak pada balapan di musim ini. Bahkan tidaksedikit yang memprediksi Remy mampu meraih gelar Rookie of the Year.

8 Jorge Martin

Jorge Martin merupakan pembalap yang secara niat dibajakDucati dari KTM. Terbukti, Martin mampu menggebrak di MotoGP 2021 dengan merebut beberapa podium

9 Jack Miller

Jack Miller merupakan pembalap yang dipercaya sebagaikandidat kuat peraih gelar juara dunia MotoGP 2022. Sejakmasih membela Pramac Ducati, rider asal Australia itu sudahtampil trengginas.

Pembalap Australia ini membuat awal yang mengesankan untukseason 2021, mengamankan kemenangan berturut-turut di Jerez, Spanyol, dan Le Mans, Prancis, sebelum lebih banyak podium membuatnya finis di tempat keempat secara keseluruhan.

Saat ini, Miller tengah berambisi merebut gelar juara dunia MotoGP bersama Ducati.

10 Takaaki Nakagami

Kental dengan aroma Honda, Takaaki Nakagami juga dibentukdi Red Bull Talent Cup saat masih junior. Ia kini menjadi rider asal Asia satu-satunya yang berada di kelas MotoGP.

11 Alex Marquez

Mengikuti jejak sang kakak, Alex Marquez juga menimba ilmudi akademi kelas dunia minuman berenergi dengan ciri khaswarna biru dan silver.

Sejak di kelas junior, Alex sempat menuai prestasi, hinggaakhirnya bisa naik kelas ke MotoGP. Baginya, Sebagai juaradunia di Moto3 dan Moto2, Alex Márquez dari Spanyol hanyamemiliki satu tujuan lagi untuk dicapai, memenangkan gelarMotoGP.

12 Enea Bastinini

Enea Bastianini membuat kejutan pada MotoGP Qatar 2022. Rider Gresini Racing itu berhasil naik ke podium pertama pada seri pembuka musim ini.

Debutnya di Red Bull MotoGP Rookies Cup pada tahun 2013 sangat luar biasa, memenangkan dua balapan dan menempatkandirinya sebagai prospek serius untuk kemajuan pesat kekejuaraan dunia.

14 Darryn Binder

Darryn Binder menjadi debutan pada MotoGP 2022. Bersama tim Yamaha WithU Darryn naik ke kelas tertinggi dan untukpertama kalinya akan menyapa para penggemarnya di Jakarta.

15 Joan Mir

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, juga akan berparade di Jakarta. Mir merupakan juara dunia MotoGP 2020 sekaligusmelepas dahaga gelar Suzuki. Sama seperti Johann Zarco, Joan Mir juga jebolan ajang Red Bull Rookie Cup. Dia suksesmenjadi runner up dari balapan yang diselenggarakan produsenminuman energi yang identik dengan warna biru silver itu pada 2014.

16 Alex Rins

Joan Mir tak akan berparade sendirian di Jakarta. Rekansetimnya, Alex Rins juga akan ambil bagian. Rider asal Spanyolitu juga berambisi merebut gelar juara dunia seperti Mir pada musim ini.

17 Andrea Dovizioso

Setelah lama tak berkunjung, Andrea Dovizioso bisa kembali keJakarta. Kali ini dengan warna berbeda yakni Dovizioso membela With U Yamaha RNF Team.

18 Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia menjadi kandidat terkuat juara dunia MotoGP 2022. Meski gagal mendulang poin pada seri perdanadi Qatar, Bagnaia tetap tak bisa dianggap remeh karena berstatusrunner up musim lalu.

Breaking News Motogp Motogp 2022
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan