Marc Marquez Dihujani Kritik, Bos Honda Pasang Badan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 29 Maret 2023
Marc Marquez Dihujani Kritik, Bos Honda Pasang Badan
Marc Marquez (twitter)

BolaSkor.com – Kecelakaan yang terjadi di MotoGP Portugal, Minggu (26/3) lalu turut mendapat sorotan dari berbagai pihak. Tidak sedikit yang menyalahkan Marc Marquez karena membuat Miguel Oliveira gagal meraih hasil positif di balapan kandangnya.

Mereka menilai Marquez terlalu gegabah dalam menjalani balapan. Terbukti dengan manuver agresif yang dilakukan oleh pembalap berjuluk The Baby Alien itu.

Tidak hanya itu saja, publik juga menyoroti detik-detik saat kuda besi Marquez menabrak motor Oliveira. Dengan kemampuan yang dimiliki pembalap asal Spanyol itu, seharusnya dia bisa menghindari kecelakaan itu.

Mendapat banjir kritik, bos Repsol Honda, Alberto Puig akhirnya pasang badan. Menurut pria berusia 56 tahun itu mustahil Marquez bisa menghindari kecelakaan tersebut.

“Niat dia bukan untuk menyalip. Ban depan motornya terkunci. Setelah melepas tuas rem? Ketika ban depan motor kamu terkunci, maka motor akan melaju layaknya roket (tidak bisa dikendalikan),” tutur Puig, dikutip dari crash.net.

“Saat itu Marquez menggunakan ban keras di mana mungkin belum berada di temperatur tepat, butuh lebih banyak lap lagi (untuk memanaskannya). Ini mungkin alasan kenapa bannya bisa terkunci,” tambahnya.

Puig juga menepis isu yang mengatakan bahwa kecelakaan itu turut disebakan oleh sifat ambisius yang dimiliki Marquez. Peraih enam kali gelar juara dunia ini dinilai terlalu memaksakan diri tanpa memperhatikan batasan kemampuannya.

“Sekali lagi, dia tidak mencoba untuk menyalip. Dia juga tidak berada di limitnya. Dia merasa sangat nyaman. Motornya juga dalam keadaan baik,” kata Puig.

“Tapi apakah Anda tahu? Saat itu jarak semua pembalap sangat dekat. Jadi mustahil bagi Marquez menghindari kecelakaan. Kami meminta maaf asaf insiden ini. Kami harap kondisi Oliveira baik-baik saja. Jelas tidak ada yang mampu merencanakan ini. Sekali lagi kami minta maaf,” sambungnya.

Sebagai informasi akibat kecelakaan ini dipastikan Miguel Oliveira dan Marquez harus absen di balapan selanjutnya, MotoGP Argentina. Kendati demikian, hukuman long lap penalti yang diberikan kepada Marquez masih tetap berlaku.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Marc marquez
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.035

Bagikan