Maria Sole Ferrieri Caputi, Wasit Wanita Pertama di Serie A

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 03 Oktober 2022
Maria Sole Ferrieri Caputi, Wasit Wanita Pertama di Serie A
Maria Sole Ferrieri Caputi (Twitter)

BolaSkor.com - Serie A kembali membuat terobosan baru untuk menggelar kompetisi menjadi lebih baik. Kali ini, Serie A menunjuk wasit perempuan untuk memimpin duel Sassuolo kontra Salernitana. Perempuan hebat itu adalah Maria Sole Ferrieri Caputi.

Serie A terus melakukan inovasi. Satu di antara yang sedang digencarkan adalah soal kesetaraan. Kabar baiknya, kini Serie A berani menunjuk wasit perempuan sebagai pengadil di lapangan.

Sosok yang mendapatkan kesempatan pertama itu adalah Maria Sole Ferrieri Caputi. Ia menjadi wasit perempuan pertama di Serie A.

Menariknya, Maria Sole Ferrieri Caputi mendapatkan sambutan hangat dari para suporter. Ia memimpin dengan baik dalam kemenangan 5-0 Sassuolo tersebut. Ia juga terlihat tegas ketika memberikan penalti kepada tuan rumah.

Baca Juga:

Setiap Pemain Punya Harga, Rafael Leao Berpeluang Tinggalkan AC Milan

Selama Ini Milan Digendong Rafael Leao

Empat Target Chelsea jika Luis Campos Bergabung sebagai Direktur Olahraga

"Saya merasakan emosi yang sama seperti yang dirasakan setiap wasit pada awal karier mereka. Itu seperti seseorang yang memimpikan momen ini selama 16 tahun," kata Maria Sole Ferrieri Caputi kepada RAI Sport.

Maria Sole Ferrieri Caputi memang bukan nama baru di dunia wasit Italia. Sebelumnya, ia pernah memimpin duel Serie B dan Coppa Italia.

"Itu menjadi kenyataan pada hari tersebut. Itu luar biasa dan ada suasana indah di stadion. Dua kubu suporter memberi saya sambutan yang sangat hangat. Rasanya seperti perayaan," ujar wanita 32 tahun tersebut.

Pelatih Sassuolo, Alessio Dionisi, tidak ketinggalan mengutarakan komentarnya soal Ferrieri Caputi. Menurutnya, perlu dibiasakan pertandingan berlangsung di bawah kepemimpinan wasit wanita.

"Saya memberi hormat padanya di akhir, seperti yang saya lakukan dengan setiap wasit. Saya rasa tidak perlu terlalu banyak dibicarakan, karena dengan begitu sepertinya kita menyoroti betapa tidak lazimnya hal itu. Sama sekali tidak ada bedanya jika wasitnya pria atau wanita," tegas Dionisi.

Maria Sole Ferrieri Caputi Serie a Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.507

Bagikan