BolaSkor.com - Olahraga offroad merupakan salah satu cabang olahraga motorsport yang membutuhkan ketahanan fisik yang cukup tinggi sehingga lebih identik dengan kaum pria.

Namun berkat sosok Mariachi Gunawan, anggapan di atas terbantahkan. Ria-begitu sapaan akrabnya dikenal sebagai offroader wanita yang memiliki nyali besar. Tercatat ia pernah menggeluti adventure offroad sampai speed offroad.

Baca Juga:

Tania Rasidi Menembus Batas dengan Semangat Kartini

Eko Yuli Belum Mampu Bawa Pulang Medali Emas Kejuaraan Asia

Buat Ria, menjadi atlet merupakan salah satu cara untuk wanita mengekspresikan kebebasannya dalam bidang olahraga. Dia ingin menunjukkan bahwa wanita sudah memiliki porsi yang setara dengan pria.

Hal di atas juga sebagai wujud Ria yang ingin meneruskan perjuangan Raden Adjeng Kartini, seorang tokoh Jawa dan pahlawan nasional wanita asal Indonesia.

Kartini memang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan mengubah pandangan miring wanita tidak bisa bersaing secara setara dengan pria.

Ria pun mengakui keputusannya berkarier di dunia motorsport lantaran terinspirasi sosok Kartini. "Kartini sangat menginspirasi aku, kita sebagai cewek sering banget di pandang sebelah mata dan itu benar-benar terjadi saat aku balapan," Ria menuturkan.

"Banyak yang bilang 'alah cewek, paling nyetirnya kaya latihan nyetir'. Tapi justru itu malah jadi penyemangat saya untuk lebih baik di setiap lombanya. Kemudian saya berpikir kalau karitni bisa kenapa saya tidak," lanjutnya.

(Klik Halaman Berikutnya)