Mario Pafundi, Sosok di Balik Kebugaran Erling Haaland

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 September 2022
Mario Pafundi, Sosok di Balik Kebugaran Erling Haaland
Mario Pafundi (pojok kanan) di staf kepelatihan Manchester City (Twitter)

BolaSkor.com - 14 gol dari 10 laga di seluruh kompetisi. Catatan itu dimiliki penyerang Manchester City, Erling Haaland, di musim 2022-2023 yang sedianya baru dimulai. Prediksi mengenai Haaland yang akan mencetak 40-50 gol musim ini pun mulai jadi kenyataan.

Man City cerdas merekrut Haaland dari Borussia Dortmund dengan menebus klausul pembeliannya sebesar 60 juta euro. Haaland baru berumur 22 tahun dan perkembangannya semakin pesat, ia bisa jadi meneruskan rekam jejak Robert Lewandowski sebagai penyerang top di Eropa.

Haaland pelengkap puzzle skuad Man City yang tak punya penyerang handal selepas Sergio Aguero pergi. Apabila Haaland bisa tetap bugar, terhindar dari cedera, sepanjang musim bukan tak mungkin ia bisa membantu klub mengakhiri penantian di Liga Champions.

Baca Juga:

Alasan Jack Grealish Belum Bersinar di Manchester City

Jack Grealish Tak Layak Dihargai 100 Juta Poundsterling

Demi Piala Dunia 2022, Jack Grealish Diminta Berkembang di Manchester City

Bak istilah selalu ada wanita hebat di balik pria yang sukses, begitu juga dengan Haaland. Tapi kali ini ada satu sosok pria yang berperan penting dalam menjaga kebugaran Erling Haaland, dia adalah Mario Pafundi.

Terapis Olahraga

Mario Pafundi lahir di Pietragallia, kota kecil dengan kurang dari 4.000 penduduk di Basilicata, Italia Selatan. Saat ini dia menjalani peran sebagai terapis olahraga Manchester City dan baru gabung staf medis timnas Norwegia.

Tujuannya? Pafundi akan terus memantau secara rutinitas kondisi Erling Haaland dan ia melakukannya di Norwegia selain dengan Man City. Perjalanan Pafundi cukup panjang sebelum bekerja di Man City dan Norwegia.

Kariernya tak dimulai dari sepak bola melainkan sepeda. Pafundi pindah ke Italia Utara pada usia 15 tahun, menyiapkan karier profesional saat ingin mengikuti perlombaan nasional, tapi ia pensiun pada 2004, lalu menjadi pelatih teknik untuk Tim Barloword yang berada di Inggris.

Dia pergi pada 2009 lalu bergabung dengan tim sepeda profesional Sky di tahun berikutnya dan di sana ia bekerja dengan Bradley Wiggins, Chris Froome, dan kompatriot Pafundi, Elia Viviani.

Pafundi bekerja sebagai terapis pijat hingga 2016 kala ia bergabung dengan staf medis Man City. Dia kemudian jadi terapis olahraga tim utama dan akan mengikuti Haaland juga di Norwegia, termasuk di Piala Dunia 2022.

"Timnas Norwegia, Solbakken hari ini memberitahu kami bahwa Mario Pafundi, dari tim medis Man City, mulai saat ini akan jadi staf medis tim kami. Dia juga berkata Haaland akan jadi kapten jika (Martin) Odegaard tidak fit," tutur pengamat sepak bola, Jaan Aage Fjortoft.

Mario Pafundi hanya satu contoh figur dari Italia yang bekerja di balik layar klub-klub top Eropa. Nama lainnya juga ada seperti Antonio Pintus, saat ini di Real Madrid dan juga bagian staf Antonio Conte di Inter Milan (2020-2021), juga Gian Piero Ventrone yang mengikuti Conte dan jadi pelatih kebugaran di Tottenham Hotspur.

Gianni Bianchi juga pernah bekerja selama beberapa tahun dengan Bayern Munchen, lalu nutrisionis Giuliano Poser yang tak lagi bekerja saat ini, tetapi membantu diet Lionel Messi pada 2013.

Manchester City Erling Haaland Norwegia Timnas norwegia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan