BolaSkor.com - Gelandang Atalanta, Mario Pasalic tengah menjadi buah bibir usai mencetak hat-trick ke gawang Brescia dan membawa timnya menang 6-2 dalam lanjutan Serie A 2019-2020, Rabu (15/7) dini hari wib. Namun siapa sangka pemain berkebangsaan Kroasia itu pernah berstatus sebagai pemain pinjaman abadi Chelsea.

Mario Pasilic sempat bermimpi menjadi bintang Premier League ketika direkrut Chelsea dari Hajduk Split pada 2014 silam. Saat itu usianya baru menginjak 19 tahun.

Namun kenyataan tak sesuai harapannya. Alih-alih menjadi bintang baru The Blues, ia justru tak pernah mendapat kesempatan tampil karena selalu dipinjamkan tiap musimnya ke klub dari negara yang berbeda-beda.

Baca Juga:

Tak Lagi Terseok-seok, Atalanta Punya 5 Faktor yang Membuat Bangkit

Filosofi Bermain Gian Piero Gasperini Hanya Kalah dari Jurgen Klopp dan Pep Guardiola

Raih Sembilan Kemenangan Beruntun, Scudetto Kini dalam Jangkauan Atalanta

Pasalic tercatat pernah dipinjamkan Chelsea ke Elche, AS Monaco, AC Milan, Spartak Moscow, hingga Atalanta. Ia selalu tampil lebih dari 20 penampilan saat membela klub-klub tersebut.

Bermain di LaLiga 2014-2015 bersama Elche, Pasalic tampil 31 kali dan mencetak tiga gol. Semusim berselang, ia mencicipi Ligue 1 usai dipinjamkan Chelsea ke Monaco dan menorehkan 29 penampilan di semua kompetisi.

Pada musim 2016-2017, Pasalic untuk pertama kalinya mencicipi Serie A usai dipinjam AC Milan. Ia tampil 24 kali dengan torehan lima gol dan satu assist.

Performa Pasalic yang cukup baik saat bermain untuk tiga klub dari liga yang berbeda-beda tersebut nampak tak terlalu diperhatikan Chelsea. Padahal hal itu membuktikan dirinya mampu beradaptasi secara cepat dengan berbagai gaya bermain.

Mario Pasalic saat berseragam AC Milan

Chelsea kembali meminjamkannya pada musim 2017-2018. Kali ini Pasalic berpetualang ke Rusia dengan memperkuat Spartak Moscow.

Pasalic tampil dalam 32 pertandingan dan mencetak lima gol. Namun hal itu tetap tak mengubah peruntungannya.

Semusim berselang, Pasalic masih tidak punya tempat di Stamford Bridge. kali ini ia kembali ke Serie A karena dipinjamkan ke Atalanta.

Bersama klub asal Bergamo itulah peruntungan Pasalic mulai berubah. Pada musim perdananya, ia tampil apik dan berperan membawa Atalanta finis di peringkat ketiga sehingga berhak tampil di ajang Liga Champions.

Berkat kontribusinya itu, Atalanta bersedia memperpanjang masa peminjaman Pasalic. Ini pertama kalinya ia menghabiskan lebih dari satu musim bersama klub yang sama sejak meninggalkan Hajduk Split.

Kepercayaan Atalanta itu tak disia-siakan Pasalic. Performanya kian meningkat dengan torehan sebelas gol (termasuk hat-trick ke gawang Brescia) dan tujuh assist.

Atalanta menikmati langsung hasilnya dengan duduk di peringkat kedua ketika Serie A menyisakan lima laga. mereka juga masih melaju di Liga Champions.

Pada 22 Juni lalu, Pasalic akhirnya resmi menjadi milik Atalanta. Nerazzurri membelinya secara permanen dari Chelsea dengan biaya 15 juta euro setelah dua musim berstatus pemain pinjaman.

“Saya sudah dipinjamkan selama lima atau enam tahun. Saya puas akhirnya bisa menetap (di satu tempat)." kata Pasalic usai dipermanenkan Atalanta.

Dengan statusnya saat ini, Pasalic resmi meninggalkan label sebagai pemain pinjaman abadi Chelsea. Ia bisa mulai merajut mimpinya yang tertunda bersama Atalanta.

Pasalic kini bisa fokus mengeluarkan seluruh kemampuannya di atas lapangan. ia tak perlu lagi khawatir akan kembali pindah klub pada musim selanjutnya.