Marko Simic, Davor Suker Baru dengan Kisah Pedih Menuju Asia

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 14 Februari 2021
Marko Simic, Davor Suker Baru dengan Kisah Pedih Menuju Asia
Marko Simic. (Media Persija)

BolaSkor.com - Striker Persija Jakarta, Marko Simic mengungkapkan kisah pedihnya sebelum berkarier di Asia. Marko Simic datang ke Asia saat kariernya sedang menukik ke bawah.

Klub Vietnam Becamex Binh Duong menjadi klub pertama Marko Simic di Asia sekaligus ASEAN pada 2015. Ia sempat membela Long An, sebelum pindah ke Malaysia.

Negeri Sembilan menjadi klub Malaysia pertama yang dibela Marko Simic pada 2017. Itu sebelum berbaju Melaka United. Marko Simic baru berseragam Persija Jakarta mulai 2018.

Marko Simic sempat merasa sudah di ujung karier di usia 26 atau 27 tahun. Terlebih sebelumnya ia mendapat cedera.

Baca Juga:

Mantan Pelatih Persija Berhasrat Tangani Klub Liga 1 Lain

Izin Liga 1 Terus Diupayakan, Gelandang Persib Beri Tanggapan

"Saya tidak punya orang yang tepat di sekitar untuk membantu karier, menangani pemulihan, untuk kembali ke level saya sebenarnya. Saya sedikit tersesat, jadi saya berhenti bermain sepak bola selama setahun," kata Marko Simic dalam wawancara Blic.

"Beberapa musim kemudian, berbagai pilihan dicari. Pada usia 26, 27, hampir selesai sebagai seorang profesional. Saya pergi ke Asia untuk menjalani latihan," sambung Marko Simic.

Dalam kondisi tersebut, Marko Simic mengalami masalah finansial. Ia mencari jalan keluar untuk terbang ke Asia, dengan meminjam uang.

"Saya kehabisan uang. Saya meminjam uang untuk tiket pesawat. Itu lima tahun lalu. Saya pergi ke Vietnam dan menghadapi budaya dan iklim yang berbeda. Saya menjadi orang Eropa pertama yang memenangkan piala dan kejuaraan di tahun pertama."

Marko Simic sempat mengalami cedera di klub Vietnam atau sebelum melanjutkan karier di Malaysia.

Dalam wawancara, Marko Simic juga bercerita soal perjalanan karier, termasuk keputusan yang dirasanya terlalu cepat ke Rusia usai merasakan pengalaman junior di Dinamo Zagreb. Popularitasnya di Indonesia turut mendapat sorotan.

"Di level bawah, kami adalah juara liga junior. Itu pertama kalinya NK Zagreb menjadi juara dan saya adalah pencetak gol terbanyak."

"Ciro Blazevic berkata bahwa saya adalah Davor Suker yang baru. Ia yang membawa saya mengikuti persiapan tim utama (Dinamo Zagreb) dan saya mencetak gol di laga persahabatan pertama. Mereka menawari saya kontrak tujuh tahun di Zagreb. Beberapa manajer mendatangi saya dengan pembicaraan berbeda. Saya pergi ke Rusia di usia sangat muda, tanpa satu pun merasakan pertandingan senior. Mungkin itu sebabnya beberapa cedera terjadi."

Marko Simic Persija jakarta Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan