Maroko dan 5 Tim Kejutan Lain di Semifinal Piala Dunia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 12 Desember 2022
Maroko dan 5 Tim Kejutan Lain di Semifinal Piala Dunia
Timnas Maroko (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Maroko secara tak terduga mampu melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Meski begitu, Singa Atlas bukan satu-satunya tim kejutan yang mampu melakukan hal tersebut.

Kiprah Maroko di Piala Dunia 2022 memang sangat sensasional. Sempat dipandang sebelah mata, tim asuhan Walid Regragui menjelma menjadi pembunuh raksasa.

Tak tanggung-tanggung, tim sekelas Belgia, Spanyol, hingga Portugal menjadi korbannya. Maroko juga menjadi tim dengan pertahanan terbaik sejauh ini karena baru kebobolan satu gol.

Baca Juga:

Semifinal Piala Dunia 2022: Dua Favorit Juara Jumpa Kuda Hitam

Profil Sofyan Amrabat: Mesin Diesel di Lini Tengah Maroko

Profil Walid Regragui, Sutradara Dongeng Timnas Maroko di Piala Dunia 2022

Kegemilangan Maroko tersebut melanjutkan tradisi Piala Dunia yang selalu diwarnai kejutan. Namun tak banyak kuda hitam yang mampu menginjakkan kakinya di semifinal.

BolaSkor.com telah merangkum lima tim kejutan lain yang menyamai torehan Maroko. Berikut rinciannya:

1. Bulgaria (Piala Dunia 1994)

Bulgaria membuat kejutan besar saat tampil di Piala Dunia 1994. Hristo Stoickov dan kawan-kawan mampu melaju hingga semifinal.

Torehan itu diraih dengan cara yang luar biasa. Salah satunya yaitu mengalahkan Argentina di fase grup.

Sementara pada fase gugur, Bulgaria mengalahkan Meksiko dan Jerman untuk menginjakkan kaki di semifinal. Sebelumnya, prestasi terbaik mereka hanya mencapai babak 16 besar.

Sayang, dongeng Bulgaria terhenti di tangan Italia. Gli Azzurri mengalahkan mereka dengan skor tipis 2-1.


2. Swedia (Piala Dunia 1994)

Label tim kejutan di Piala Dunia 1994 bukan hanya menjadi milik Bulgaria. Swedia juga layak menyandang status tersebut.

Mirip seperti Bulgaria, Swedia juga mampu melaju hingga semifinal. Langkah Roger Ljung dan kawan-kawan akhirnya harus dihentikan oleh Brasil yang kemudian keluar sebagai juara.

Namun Swedia bisa pulang dengan kepala tegak usai merebut peringkat ketiga. Mereka mengalahkan Bulgaria dengan skor telak 4-0.


3. Kroasia (Piala Dunia 1998)

Empat tahun berselang, kejutan besar ditorehkan Kroasia. Datang sebagai debutan, Davor Suker dan kawan-kawan mengejutkan dunia dengan melaju hingga semifinal.

Kroasia melaju ke babak 16 besar dengan status runner up usai mengalahkan Jamaika dan Jepang. Mereka kemudian mengalahkan Rumania dengan skor 1-0 pada babak 16 besar.

Kejutan terbesar Kroasia di turnamen ini tersaji pada babak perempat final. Tim asuhan Miroslav Blazevic secara perkasa menghancurkan Jerman dengan skor 3-0.

Namun Kroasia tak berdaya meredam laju Prancis yang berstatus tuan rumah di babak semifinal. Meski begitu, peringkat ketiga mampu diamankan usai mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.


4. Korea Selatan (Piala Dunia 2002)

Korea Selatan menjalani kisah dongeng saat berlaga di Piala Dunia 2002. Tampil sebagai tuan rumah bersama Jepang, Taeguk Warriors sukses melaju hingga semifinal.

Mirip seperti Maroko, Korea selatan menaklukkan tim-tim besar untuk melakukan hal itu. Portugal, Italia, dan Spanyol menjadi korban mereka.

Langkah Korea Selatan kemudian dihentikan oleh Jerman. Pada perebutan peringkat ketiga, tim asuhan Guus Hiddink itu juga habis bensin dan takluk dari Turki.


5. Turki (Piala Dunia 2002)

Kesuksesan Turki melaju hingga semifinal Piala Dunia 2002 juga merupakan kejutan yang tak kalah besar. Itu karena Hakan Sukur dan kawan-kawan tak punya tradisi bagus di turnamen ini.

Edisi 2002 merupakan kali kedua Turki berlaga di putaran final Piala Dunia. Namun fakta tersebut tak membuat tim asuhan Senol Gunes tampil minder.

Sepanjang turnamen itu, hanya Brasil yang mampu mengalahkan Turki. Kedua tim bertemu di fase grup dan semifinal.

Turki kemudian berhasil mengamankan peringkat ketiga. Mereka mengalahkan Korea Selatan dengan skor tipis 3-2.

Piala Dunia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Maroko Timnas korea selatan Timnas Swedia Timnas bulgaria Timnas turki Timnas Kroasia Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan