BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara terkait alasan membawa Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh ke SEA Games 2021. Juru taktik berkebangsaan Korea Selatan itu nyatanya punya tujuan mulia.

Terpilihnya Marselino dan Ronaldo ke dalam skuat Timnas U-23 yang berlaga di SEA Games 2021 memang cukup mengejutkan. Itu karena usia keduanya yang masih sangat muda.

Marselino dan Ronaldo memang dipromosikan Shin Tae-yong dari Timnas U-19. Namun membawa keduanya ke SEA Games 2021 dianggap sebagai sebuah perjudian besar.

Selain masih minim pengalaman, kuota pemain yang bisa didaftarkan untuk ajang ini hanya 20 orang. Membawa nama-nama yang lebih berpengalaman dianggap sebagai pilihan yang lebih realistis.

Apalagi Ronaldo dan Marselino tak bisa berbuat banyak saat diberi kesempatan tampil pada laga perdana kontra Vietnam U-23. Timnas U-23 harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 0-3.

Namun perjudian Shin Tae-yong kini mulai berbuah hasil. Ronaldo dan Marselino memberi kontribusi yang cukup besar saat Timnas U-23 menghancurkan Filipina U-23 dengan skor 4-0 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5).

Marselino mencetak gol penutup lewat titik penalti. Hadiah tersebut diberikan wasit setelah akselerasi Ronaldo dihentikan secara ilegal oleh barisan pertahanan Filipina.

"Ronaldo dan Marselino sempat disorot saat kalah dari Vietnam. Namun mereka masih muda dan perlu mendapatkan jam terbang lebih," kata Shin Tae-yong usai laga kontra Filipina U-23.

"Mereka punya harapan untuk berkembang daripada sekarang. Saya memainkan mereka untuk masa depan Indonesia."

Shin Tae-yong memang dikenal suka menggunakan pemain-pemain muda sejak menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia. Bukan tidak mungkin Marselino dan Ronaldo akan menjadi andalan di level timnas senior dalam beberapa tahun mendatang.

Sebelum level senior, Marselino dan Ronaldo akan membela Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Dunia U-20 2023. Di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam