BolaSkor.com – Arsenal mengamankan tiga poin dari lawatan mereka ke Ukraina, saat melawan Vorskla, melalui kemenangan 3-0 di laga kelima grup E Liga Europa, Jumat (30/11) dini hari WIB. Tiga gol The Gunners dilesakkan oleh Emile Smith Rowe (10’), Aaron Ramsey (penalti di menit 27) dan Joe Willock (41’).

Kemenangan itu mengokohkan posisi Arsenal di puncak klasemen dengan perolehan 13 poin, diikuti Sporting Lisbon (10 poin), Vorskla (tiga poin) dan Qarabag FK (tiga poin). Kendati demikian, bukan hanya kemenangan yang jadi sorotan laga itu.

Unai Emery, manajer Arsenal, tahu persis tradisi bagus klub asal London Utara dalam mengorbitkan pemain muda ke tim utama, khususnya pemain dari akademi.

Enam pemuda yang dimainkannya kontra Vorskla bahkan belum genap berusia 20 tahun. Mereka adalah Zech Medley (18 tahun), Charlie Gilmour (19 tahun), Joe Willock (19 tahun), Emile Smith Rowe (18 tahun), Eddie Nketiah (19 tahun), dan Bukayo Saka (17 tahun).

Smith Rowe jadi pemimpin generasi tersebut karena ia lebih dahulu dimainkan Emery di tim utama Arsenal. Golnya ke gawang Vorskla membuktikan efektivitas bermainnya dan tingkat efisiensi mengubah peluang menjadi gol.

Tiga gol sudah diciptakannya hanya dari empat penampilan di seluruh kompetisi. Jadi, wajar saja jika Emery menjadikannya panutan bagi pemuda-pemuda Arsenal lainnya untuk mengikuti jejaknya.

“Dia (Smith Rowe) percaya diri, berani mengambil tanggung jawab, dan juga saya berpikir performanya selama 90 menit (melawan Vorskla) sangatlah bagus. Dia contoh bagus bagi pemain-pemain muda lainnya,” tutur Emery soal Smith Rowe, diberitakan Goal.

“Kami pikir mereka (pemain-pemain muda) bisa membantu kami, tapi mereka butuh kepercayaan diri ketika memainkan pertandingan, tidak hanya sekedar bekerja dengan kami di sesi latihan. Mereka butuh menit bermain seperti hari ini.”

“Kami ingin memiliki tanggung jawab dengan pemain-pemain bagus seperti Emile, tapi juga pemuda lain untuk tetap bertahan, bekerja, dan memperlihatkan kepada kami bahwa mereka bisa berkembang,” tambah Emery.

Performa hebat pemain-pemain muda Arsenal itu tak luput dari pengamatan dua pemain senior klub, Petr Cech dan Mesut Ozil. Melalui Twitter keduanya salut kepada Smith Rowe dkk.

“Performa ini (hebat) dari para pemuda. Masa depan cerah! Selamat kepada seluruh pemain!,” kicau Ozil di @MesutOzil1088.

“Performa hebat malam ini di kondisi yang sulit! Clean sheet, pemuncak klasemen, dan seluruh pemuda dengan performa hebat dan bermain di laga debut! Selamat semuanya! Dan rasa terima kasih terbesar untuk fans Arsenal karena mendukung kami di segala kesulitan dengan perubahan venue,” tambah @PetrCech.

Tempat berlangsungnya laga Vorskla kontra Arsenal memang diubah dari Poltava ke Kiev. Sebab, Ukraina sedang memberlakukan aturan darurat perang di negara mereka. Kondisi itu semakin mengasah mental bermain pemuda Arsenal.